Sukses Ternak Bebek Petelur

Demak - Berternak bebek petelur merupakan usaha yang menjanjikan. Hal tersebut terbukti bahwa tidak hanya telur Bebek saja yang dapat di manfaatkan untuk di jual namun juga daging Bebek bisa di jual kepada para konsumen. 

Seperti halnya Siti Sofiah pebisnis ternak telur Bebek di desa Gedangalas Kecamatan Gajah Kabupaten Demak yang memulai bisnis ternak Bebek petelur. 

Pada kunjungannya di Radio Suara Kota Wali, dirinya bercerita bahwa berternak Bebek petelur itu tidaklah sulit, namun memang butuh kesabaran dan kekuatan untuk menjaga agar kualitas Bebek maupun telur Bebek tetap aman. 

"Sebenarnya berternak Bebek petelur ini tidak sulit ya, malah ini menguntungkan. Karena tidak akan ada habisnya maksudnya begini di mulai dari Bebek yang bertelur itu nanti bisa di jual telur dan dagingnya, jadi semuanya bisa di manfaatkan atau bisa di jual," Kata Siti Sofiah

Lanjutnya, "Contohnya telur Bebek kita bisa jual mentah kepada pedagang martabak atau kita buat telur asin bisa dijual ke pusat oleh-oleh, biasanya saya ini juga bekerjasama dengan pembuat catering. Lalu ketika Bebek yang sudah tidak produktif lagi bertelur kira-kira usia sudah dua tahun ini bisa kita jual dagingnya kepada para pedagang makanan seperti lamongan, atau warung-warung makan," tambahnya. 

Sementara pada kesempatan tersebut Siti mengaku untuk omset harian bisa mencapai Rp. 200.000 / hari bahkan lebih. 

"Kalau omset memang tidak bisa di prediksi setiap harinya ya mbak, biasanya bisa dapat 200 ribu, kalau pas ramai pesenan catering untuk telur asin dan misal orderan telur mentah juga membludak biasanya bisa dapat lebih bisa 500 ribu, 800 ribu sampai dengan 1 juta," terangnya. 

Siti berpesan kepada seluruh pendengar bahwa apabila ingin memulai usaha ternak Bebek petelur ini tidak harus mengeluarkan modal yang besar. 

"Untuk modal kalau saya dulu 15 juta, itu dari mulai bebeknya 100 ekor , satu ekor itu harganya 90 ribu, berarti kan 9 juta sendiri kemudian sisanya yang enam juta itu untuk bahan pakan Bebek dan kandang Bebek. Namun misalkan ingin yang lebih kecil modalnya juga bisa, misalnya mau coba 50 ekor dulu berarti kan modalnya sekitar 9 jutaan dari mulai Bebek dan pakan, kandangnya. Atau bisa di sesuaikan juga dengan modal yang anda punya, misal modalnya 5 juta juga bisa, " pungkasnya. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 26
Kunjungan Bulan Ini : 5021
Kunjungan Tahun Ini : 86415

Ikuti Kami