Tabuh Rebana Tandai Pembukaan Grebeg Besar Tahun 2023

Demak - Bupati Demak Eisti'anah secara resmi membuka pasar rakyat grebeg besar tahun 2023. Di tandai dengan menabuh rebana bersama Wakil bupati Ali Makhsun, unsur Forkopimda dan direktur Diana Ria Enterprise Muntohar. Acara pembukaan berlangsung meriah di pendopo Satya Bhakti Praja, dengan hiburan berbagai tarian khas daerah, Jumat (16/6/23). 

Selain menabuh rebana bersama juga di lakukan pemotongan tumpeng oleh Bupati Demak Eisti'anah yang di serahkan secara langsung kepada Owner Diana Ria Enterprise Muntohar. 

Selain tampilan tarian khas pesisiran Zippin dan Rebana dari SMKN 1 Demak, kemudian dilanjutkan perform catwalk atau penampilan busana design by Dewi Luluk Ewila Sewing dari SMA N 1 Demak, kemudian tarian kolosal dari SMA N 1 Karanganyar juga penampilan Band dari Bank Jateng cabang Demak. 

Pada acara pembukaan juga di tampilkan live reportase situasi kondisi pasar rakyat grebeg besar. Serta ucapan selamat dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, serta Bupati dan Wali Kota Kedungsapur. 

PJ Sekda Umar Surya Suksmana dalam sambutanya menyampaikan, untuk pasar rakyat diselenggarakan di Taman Parkir Tembiring Jogo Indah. Adapun jenis kegiatan yang ada meliputi wahana permainan, usaha dagang pakaian, berbagai produk UMKM dan perabot rumah tangga, pedagang buah – buahan, makanan dan minuman atau aneka kuliner serta penyelenggaraan panggung hiburan. 

"Banyak wahana hiburan dan kuliner di grebeg besar tahun ini dan sesuai dengan keputusan Bupati Demak bahwa untuk pasar rakyat grebeg besar seluruh pengunjung bisa menikmati pasar rakyat ini secara gratis," Jelas Umar. 

Ada yang spesial dari penyelenggaraan Grebeg Besar tahun 2023 ini. Yakni, saat iring-iringan prajurit patang puluhan pada 29 Juni mendatang, di sepanjang rute yaitu dari Pendopo Kabupaten sampai Kadilangu, terdapat tampilan stage on the street yaitu festival seni yang digelar bagi masyarakat sambil menunggu iring-iringan prajurit 40an.

Sementara Bupati Demak Eisti'anah dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar acara pasar rakyat grebeg besar tahun 2023 dapat berjalan aman, lancar dan tertib. 

"Saya harap kegiatan grebeg besar ini bisa berjalan aman, lancar dan tertib. Minta tolong untuk masyarakat agar dapat merawat juga, jangan membuang sampah sembarangan, kita jaga lingkungan kita, kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya," Kata Eisti. 

"Iring - iringan tumpeng nanti juga saya harap bisa dapat kondusif ya, jangan sampai berebutan, royokan yang akhirnya tidak tertib dan tidak kondusif sehingga merugikan masyarakat lain. Saya minta juga dalam acara tumpeng songo tetap di jaga kebersihannya," tambahanya. 

Dengan digelarnya kembali pesta rakyat ini diharapkan bisa menjadi ajang rekreasi dan hiburan bagi seluruh warga masyarakat Demak. 

"Tanpa mengurangi makna perayaan grebeg besar, saya harapkan kegiatan ini akan semakin membangkitkan geliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sekaligus mendatangkan manfaat yang besar, khususnya bagi perekonomian masyarakat di Kabupaten Demak," Kata bupati Eisti. 

Sebagai informasi Pasar Rakyat Grebeg Besar berlangsung selama tiga pekan, mulai 16 Juni 2023 sampai dengan 8 Juli 2023. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pj Sekretaris Daerah Umar Surya Suksmana, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati Demak, Kepala Perangkat Daerah, Direktur RSUD SuKa, RSUD Sultan Fatah, Kabag Setda, Pimpinan BUMN, BUMD, hingga Perwakilan Pedagang. (Kominfo/Apj-rd).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat wisata-religi demak wisata hiburan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 27
Kunjungan Hari Ini : 1053
Kunjungan Bulan Ini : 15394
Kunjungan Tahun Ini : 161361

Ikuti Kami