Tes Swab Antigen dan Tes Swab PCR, Akurat Mana?

DEMAK – Swab antigen dan swab tes polymerase chain reaction (PCR) merupakan proses pemeriksaan pendeteksi virus Covid-19 yang paling umum dilakukan. Namun kedua tes tersebut mempunyai perbedaan dari segi pengecekan maupun kecepatan waktunya bahkan ke tingkat akuratannya.

Menurut Dokter Rina Hapsarininggar Dokter Spesialis Patologi Klinik RSUD Sunan Kalijaga, swab antigen di lakukan dengan cara mengambil sedikit sampel dari hidung bagian dalam, menggunakan alat dengan memasukan alat nya ke dalam hidung kemudian di ambil sedikit cairannya. Selanjutnya di reaksikan dengan reagen, reagen merupakan antibodi terhadap virus covid.

“Jadi yang kita cari itu antigen bagian tubuh virusnya. Biasanya yang di deteksi di reagen itu adalah nukleokapsid protein virus. Yang membungkus virusnya sehingga berikatan dengan anti body nya kemudian nanti akan menimbulkan warna merah. Apabila warna merahnya satu garis ini artinya di atas kontrol, yang berarti valid tapi negatif. Kalau warnanya dua itu positif.” Kata Dokter Rina saat Bincang Siang di Studio RSKW 104.8 FM dengan Tema “Tes Swab Antigen dan Tes Swab PCR” Rabu, (23/2/22).

Sementara terkait dengan tes swab PCR itu berbeda dengan tes swab antigen, karena tes swab PCR ini merupakan tes hasil dari tes antigen kemudian di masukan ke dalam tes PCR agar dapat mengetahui keasliannya bahwa itu benar-benar valid positif atau negatif.

“Test pcr perlu alat besar alat ekstraksi dan alat pcrnya, jadi dari tes swab antigen tadi di ambil sampel kemudian di tes kedalam alat pcrnya. Dan dalam tes tersebut harus menunggu 16 sampel terlebih dahulu agar dapat di tes PCR.”

Lebih lanjut, “untuk jangka waktu tes PCR tidak lebih dari 24 jam. Memang lebih lama di banding dengan tes antigen yang bisa cepat muncul hasilnya sekitar 10 sampai 15 menit. Namun kalau tes PCR ini berbeda, karena satu kali running harus banyak. Sekali masuk sampel ke test pcr itu ada 16 sampel dulu baru bisa di running ekstraksi.” Tuturnya.

Sebagai informasi untuk pemeriksaan penunjang yang mendeteksi virus corona yang paling akurat adalah tes PCR, sementara untuk tes swab antigen memiliki tingkat akurasi di bawah tes swab PCR. (Kominfo/Put).

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 22
Kunjungan Bulan Ini : 3238
Kunjungan Tahun Ini : 159941

Ikuti Kami