Tiga Kepala Daerah Bertemu Dalam Bincang Siang

Demak – Tiga kepala daerah dalam wilayah Semarang Raya bertemu dan  duduk dalam satu bingkai bincang siang  terkait tol tanggul laut yang masih dalam proses pembangunanya. Ketiganya  Bupati Demak Eisti’anah, Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto.

Kebersamaan mereka terekam dalam acara Podcast Bincang Siang Radio Suara Kota Wali 104.8 FM yang dikemas secara menarik bertemakan “Tanggul Laut Kendal – Semarang –Demak” dan dipandu oleh Sekda Demak Singgih Setyono dan Dewan Pers Jayanto Arus Adi, Senin (24/01/22) di Ruang Command Center.

“Berkaitan dengan situasi rob saat ini, bukan hanya melanda Demak saja, bahkan Semarang dan Kendal juga mengalaminya. Semoga dengan dibangunnya jalan tol sekaligus berfungsi sebagai tanggul laut dapat menjadi penangkal rob. Selain itu sebagai pengurai kemacetan dan memperlancar lalu lintas. Kita harapkan juga ada pembangunan berkelanjutan,” kata Bupati Demak Eisti’anah diawal perberincangan.

Hal serupa juga disampaikan, Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto bahwa situasi rob yang di Kendal setiap tahunnya terjadi peningkatan.
 “Saya lihat sangat kompleks sekali penyelesaiannya, maka kita harus berupaya bekerja secara kolaboratif dan kita akan minta tolong pemerintah provinsi dan pusat. Harapannya dengan kolaborasi terkait banjir rob ada solusinya, bukan hanya rob, tapi banjir lokal juga.” kata bupati kendal. 

“Dengan tanggul laut ini bisa memberikan manfaat untuk Kendal terkait industri, rob dan lain sebagainya. Selain itu dengan kolaborasi ini, apa yang diinginkan Semarang Raya dapat terwujud,”imbuhnya.

Sementara, Walikota Semarang Hendrar Prihadi terkait pengembangan ekonomi rakyat dan penguatan UMKM, berencana akan melakukan kolaborasi penjualan produk UMKM dari Kabupaten Demak dan Kabupaten Kendal yang kemudian akan ditempatkan dilokasi strategis. Seperti pusat oleh-oleh wisata di Kota Lama, Masjid Agung Demak ataupun di komplek wisata yang ada di Kabupaten Kendal.

“Jika uji coba penjualan makanan khas daerah masing-masing dapat berhasil, secara tidak langsung dapat menjadi kegiatan marketing yang bagus dan dapat meningkatkan perekonomian warga,”kata Hendi sapaan akrab Walikota Semarang tersebut.

Dirinya juga menjelaskan, kedepannya pihaknya juga berencana membuat paket wisata tiga daerah. Wisatawan bukan hanya keliling Semarang namun juga ke obyek wisata Demak, obyek wisata di Kendal bahkan Karimunjawa.

“Saya ingin membuat kolaborasi dalam hal sektor pariwisata seperti ini. Secara tidak langsung ini akan membuka peluang pekerjaan baru untuk masyarakat,”terangnya.

“Semoga wacana tersebut dapat kita tidak lanjuti bersama dan kedepannya kita juga dapat mengajak Kabupaten lain untuk bergabung bersama-sama bergotong royong membangun wilayah bangsa ini. Saya yakin semuanya akan terealisasi,” Pungkasnya.(kominfo/ist/ rd)

Tags ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 825
Kunjungan Bulan Ini : 17982
Kunjungan Tahun Ini : 99376

Ikuti Kami