Tim Fogging Bergerak Cegah Serbuan Nyamuk

Demak - Sebagai respons terhadap banyaknya keluhan warga terdampak banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, khususnya mengenai peningkatan populasi nyamuk pasca banjir yang diakibatkan oleh tumpukan sampah dan genangan air, berbagai komunitas relawan gabungan telah mengambil langkah cepat dengan melaksanakan kegiatan fogging.

Zanari Catur Rukmana, relawan dari 65 Kabupaten Demak yang juga tergabung dalam Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Demak, menyampaikan bahwa inisiatif ini merupakan kolaborasi antar kelompok relawan dari Jeep Kalijaga Community, Relawan 65 Demak, Relawan Masjid Indonesia Jogjakarta, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB)  Kab. Demak, Ubaloka, dan PMI Kab. Demak.

"Kegiatan fogging ini dijadwalkan mulai dari tanggal 24 Februari 2024, dengan tujuan untuk mengantisipasi adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk," kata Zanari saat di hubungi melalui WhatsApp. Kamis, (29/02/2024).

Lanjutnya, "Hingga saat ini, dari 15 desa di Kecamatan Karanganyar, 5 desa telah berhasil di fogging oleh relawan gabungan, dan 1 desa telah di fogging oleh Dinas Kesehatan. Kegiatan akan dilanjutkan pada hari Jum'at di 9 desa lainnya yang telah dijadwalkan," tambahnya.

Koordinasi yang baik juga telah dilakukan dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, yang mendukung penuh kegiatan relawan gabungan ini.

"Alhamdulillah, respons positif dan dukungan penuh telah kami terima dari Pak Sekda untuk mendukung kegiatan ini," tutupnya.

Langkah proaktif yang diambil oleh relawan gabungan ini diharapkan dapat mengurangi risiko kesehatan yang diakibatkan oleh genangan air dan tumpukan sampah pasca banjir, khususnya dalam mencegah penyebaran penyakit yang dibawa oleh nyamuk. 

Komitmen dan kerjasama antara relawan, pemerintah daerah, dan masyarakat menjadi kunci penting dalam penanganan dampak banjir, tidak hanya dalam aspek kesehatan tetapi juga pemulihan kondisi lingkungan dan sosial ekonomi warga terdampak.

Adapun jadwal penyemprotan fogging terdampak bencana banjir wilayah Kecamatan Karanganyar tahun 2024 yakni :

1. Jum'at, 01 Maret 2024 , Lokasi di desa Ngaluran, Wonoketingal, Cangkringan Rembang. Tim pelaksana RMI Jogjakarta, Kalijaga, Jep Community, Relawan 65, Ubaloka, FPRB Kabupaten Demak
2. Sabtu, 02 Maret 2024, Lokasi di desa Cangkring B,  Tuwang, Jatirejo. Tim pelaksana RMI Jogjakarta, Kalijaga, Jep Community, Relawan 65, Ubaloka, FPRB Kabupaten Demak
3. Minggu, 03 Maret 2024, Lokasi di desa Bandungrejo, Kedungwaru Kidul, Kedungwaru Lor. Tim pelaksana RMI Jogjakarta, Kalijaga, Jep Community, Relawan 65, Ubaloka, FPRB Kabupaten Demak.
(Kominfo/Apj/Ist).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik bencana demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 34
Kunjungan Hari Ini : 1203
Kunjungan Bulan Ini : 15544
Kunjungan Tahun Ini : 161511

Ikuti Kami