Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Cukai Palsu, Satpol PP Lakukan Kegiatan Non Yutisial

Demak –  Sebanyak 12 Kecamatan di Kabupaten Demak telah dilakukan penyidakan dalam kegiatan non yustisial pengumpulan informasi peredaran barang kena cukai ilegal.Tindakan penertiban non yustisial adalah tindakan yang dilakukan oleh Satpol PP dalam rangka menjaga dan/atau memulihkan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat terhadap pelanggaran Perda dan/atau Perkada dengan cara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan tidak sampai proses peradilan. Hal ini disampaikan Kasatpol PP Muh Ridhodhin sebelum pelaksanaan kegiatan non yustisial hari ini. 

“Dalam 1 bulan ini sudah dilakukan penyidakan di 12 kecamatan di Kabupaten Demak yang menyasar kios dan toko yang diduga menjual rokok ilegal”, ujarnya.

Ridhodhin menambahkan, kegiatan ini menjadi bagian dari bentuk dukungan pemerintah terhadap industri hasil tembakau dan berharap kedepannya kesadaran masyarakat meninggalkat terhadap bahaya rokok ilegal dan kerugian yang dialami oleh negara. 

Ditengah kegiatan non yustisial Kasi Penyelidikan dan penyidikan Aryo Soebajoe mengatakan,”Sidak hari ini dilaksanakan di 4 Kecamatan yaitu Karangawen, Mranggen, Kebunagung dan Wedung. Fokus utamanya pada rokok tidak bercukai dan cukai palsu,nanti kita cocoknya cukainya”. 

“Rokok yang diambil harganya kurang dari 5000 rupiah”, ungkap Aryo, Kamis (18/2/21). 

Adapun ciri-ciri rokok ilegal diantaranya, dilekati pita cukai palsu, tidak dilekati pita cukai, dilekati pita cukai yang bukan haknya atau salah personalisasi, dilekati pita cukai yang salah peruntukan, dan dilekati pita cukai bekas.

Ditambahkan Aryo, kegiatan non yustisial dilakukan agar lingkungan Kabupaten Demak tidak ada lagi peredaran rokok ilegal sehingga dapat meningkatkan pendapatan Negara dari sektor penerimaan cukai.(kominf/ist/rd)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 1069
Kunjungan Bulan Ini : 22548
Kunjungan Tahun Ini : 103942

Ikuti Kami