Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap PMK Hewan Ternak

Demak – Munculnya virus yang menyerang hewan Ternak dan dikenal sebagai  Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) , pemkab Demak  bertindak cepat untuk mencegah penyebaran terutama di wilayah Demak. Dengan melibatkan stakeholder untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan terhadap wabah PMK. 

Dalam rakor pencegahan PMK Bupati Demak Eisti'anah menyampaikan bahwa, akan terus dilakukan screening dan pengawasan ketat pada lalulintas ternak dari luar kota dan pengecekan tiap pasar hewan hingga kelompok ternak yang ada di Kabupaten Demak.

”karena kasus yang dilaporkan terdeteksi pada awal Mei 2022 ini memang mampu menular dengan sangat cepat. Kendati demikian di Demak hingga saat ini memang belum terdeteksi adanya wabah tersebut, namun kita tidak akan melenturkan pengawasan terhadap ternak.” Kata bupati Saat membuka Rakor di Pendopo Satya Bhakti Praja, Selasa (17/5/22).

“Nantinya Para petugas dari Dinas  Pertanian  dan Pangan bidang peternakan  akan mendata  kondisi  kesehatan  hewan ternak  dan melakukan  pengecekan ke pasar dan lokasi peternakan. Diharapkan Demak terbebas dari  PMK,  sehingga saat  hari raya Idul Adha mendatang kebutuhan hewan kurban tercukupi dengan ternak  yang sehat,” kata Bupati Eisti’anah.

Sementara, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono menjelaskan pencegahan dan penanggulangan PMK ini merupakan tanggung jawab  bersama agar tidak jadi mewabah, selain itu, ini sesuai dengan instruksi Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo,  kepada jajarannya untuk bersinergi dengan TNI dan Dinas Pertanian dan Pangan bidang peternakan, agar selalu melakukan pengawasan dan pemantauan peternakan  yang ada di wilayahnya.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Kapolres AKBP Budi Adhy Buono, Dandim 0716 Letkol Czi Pribadi, Agus Nugroho LP plt Ka Dinpertan dan Pangan,  Penanggung jawab Puskeswan . (Kominfo/ist/put)

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 1051
Kunjungan Bulan Ini : 24549
Kunjungan Tahun Ini : 55852

Ikuti Kami