Tingkatkan Produksi Hasil Tani, Pemkab Demak Bantu Benih Padi

Demak – Plh Bupati Demak Joko Sutanto serahkan bantuan benih padi sebanyak 1200 kg kepada perwakilan kelompok tani di Desa Wonorejo Kecamatan Karanganyar, Senin (8/2/21). Turut mendampingi kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jateng Suryo Banendro, Kadinpartan Pangan Wibowo, Forkopimcam Karanganyar, serta Kepala Desa Wonorejo.

Kadinpartan Pangan Wibowo mengungkapkan,“benih padi diberikan sebagai upaya pelaksanaan program peningkatan produksi, produktivitas dan mutu hasil tanaman pangan”.

Dijelaskan, Pendistribusian bibit padi akan diberikan pada kelompok tani masing-masing. Selanjutnya penyaluran akan dilakukan oleh ketua kelompok tani kepada petani. “Meskipun demikian, dari pihak kami akan melakukan pengawasan penyaluran bibit padi untuk mencegah penyalahgunaan bantuan”,ujarnya.

Lebih lanjut Kadinpartan Pangan menyampaikan, luas area persawahan yang tergenang air di Wilayah Kabupaten Demak mencapai  2.444 hektar, dengan luas puso 674 hektar meliputi Kecamatan Karanganyar 80 hektar, Wonosalam 20 hektar, Demak 50 hektar, Bonang 327 hektar dan Wedung 197 hektar.

Pihaknya juga mengarahakan kepada petani untuk mengikuti Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). “Keuntungan mengikuti AUTP yakni jika terjadi puso lebih dari 75% akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 6.000.000/hektar”,ungkapnya.

Sementara, Plh Bupati Demak Joko Sutanto berharap, bantuan benih padi yang diberikan dapat meringankan beban petani, sehingga petani dapat kembali produktif menanam padi.(kominfo/ist)

Tags pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 43
Kunjungan Hari Ini : 1286
Kunjungan Bulan Ini : 15627
Kunjungan Tahun Ini : 161594

Ikuti Kami