Tradisi Grebeg Besar Demak Menurut Bupati Eisti'anah

Demak - Bupati Demak Eisti'anah, bersama Sekda Demak Akhmad Sugiharto dan Kepala Dinas Pariwisata (Dinparta) Demak Endah Cahya Rini, hadir dalam talk show bertema "Pesta Rakyat Grebeg Besar 2024" di Studio Radio Suara Kota Wali 104.8 FM. Kamis, (16/5/2024).

Bupati Eisti'anah menekankan pentingnya mempertahankan tradisi Grebeg Besar sekaligus menjadikannya daya tarik bagi wisatawan. 

"Tidak hanya tradisi yang dipertahankan, tetapi juga bagaimana dapat menarik minat wisatawan untuk mengikuti prosesi, mengenal, dan mendalami sejarah sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri," kata Bupati Eisti'anah. 

Ia menambahkan bahwa setiap tahun diupayakan ada sesuatu yang berbeda dan perbaikan untuk memajukan pariwisata, terutama melalui tradisi Grebeg Besar yang harus di uri-uri tanpa meninggalkan pakem.

Dalam talk show tersebut, Bupati Eisti'anah juga menghimbau agar seluruh pelaksanaan acara dapat berjalan baik dan lancar, menghindari insiden yang tidak diinginkan. 

"Dengan berbagai inovasi dan evaluasi tahunan, diharapkan Grebeg Besar 2024 dapat semakin menarik minat wisatawan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Demak," pungkasnya.

Sementara Sekda Demak Akhmad Sugiharto menyoroti pentingnya perencanaan acara agar tidak terjadi kepadatan yang menghambat jalannya prosesi. Seperti halnya pedagang yang berada di lokasi Grebeg Besar akan di batasi untuk yang berada di luar.

"Seperti tahun kemarin, supaya di depan tidak over load agar tidak menghambat perjalanan. Sehingga acara tetap ramai dan bisa berjalan lancar," jelas Sugiharto. 

Ia juga menekankan dampak positif acara ini terhadap UMKM, dengan harapan wisatawan dari luar kota hingga mancanegara dapat lebih lama tinggal di Demak untuk menanti acara ini.

Endah Cahya Rini Kepala Dinparta Demak mengungkapkan beberapa hal baru yang akan hadir dalam Grebeg Besar tahun ini. 

"Tahun ini ada parade seni, di depan tetap ada prajurit 40-an, kereta kencana, dan pentas seni lain seperti barongan, zipin, drum band, dan banyak lagi yang keren lainnya," kata Endah.

"Selain itu, akan ada perbedaan pada tumpeng sembilan di malam 10 Dzulhijjah, dengan lebih banyak tumpeng dan 90 gunungan hasil bumi yang melambangkan Asmaul Husna, yang intinya berbagi berkah untuk masyarakat Demak," tambahnya.

Selain itu, ada usulan untuk mencatatkan rekor MURI dengan ancakan di Kadilangu, di mana makanan nasi dan ubo rampe akan disajikan di piring anyaman bambu. 

"Biasanya dibuat sekitar 300, tapi tahun ini kami buat 521 sesuai dengan hari jadi Kabupaten Demak," pungkasnya. (Kominfo/Apj/ist/nin).

Tags musik hiburan wisata sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak wisata hibur

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 34
Kunjungan Hari Ini : 969
Kunjungan Bulan Ini : 15310
Kunjungan Tahun Ini : 161277

Ikuti Kami