Tradisi Penyerahan Abon Abon Minyak Jamas Dari Keraton Surakarta Pada Kasepuhan Kadilangu

Demak - Tradisi abon abon menjelang dilaksanakannya grebeg besar seiring akan dilaksanakanya penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kalijogo pada tanggal 10 Dzulhijah telah terlaksana di pendopo Notobratan kadilangu, Rabu (28/6/23). Tradisi Abon abon merupakan ritual penyerahan minyak jamas beserta ubo rampe ( perlengkapan pendukung) dari pihak Keraton Surakarta yang akan dipergunakan untuk menjamasi beberapa pusaka peninggalan Sunan Kalijaga oleh ahli waris kadilangu Demak. 

Dalam prosesi penyerahan minyak jamas tersebut Bupati Demak Eisti'anah bersama Wakil Bupati Ali Makhsun turut mengikuti hingga acara selesai. Didampingi Pj Sekda Umar Surya Suksmana, para Asissten Sekda, Plt Kadinparta Endah Cahyarini. 

Diawali kedatangan Rombongan keluarga keraton Surakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pakubuwono XIII. Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adipati Dipokusumo beserta abdi keraton dan pengiring di Pendopo Notobratan Kadilangu. 

Diterima Sesepuh Ahli Waris Sunan Kalijaga Muhammad Cahyo Imam Santoso bersama keluarga besar ahli waris Sunan Kalijaga.

Pengiring dan Abdi keraton Surakarta yang membawa Minyak jamas dalam wadah sejenis bokor dan tertutup kain sulam warna putih, serta ubo rampe diatas nampan dan tertutup kain merah. Langsung diterima Sesepuh dan para ahli waris kanjeng sunan Kalijogo. 

Pada kesempatan tersebut Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adipati Dipokusumo menyampaikan, salah satu dari Abon-abon tersebut adalah minyak jamas dari Keraton Surakarta yang akan dipergunakan untuk menjamasi beberapa pusaka peninggalan Sunan Kalijaga.

"Kegiatan Abon-Abon dilakukan agar Keraton Surakarta dan Demak dapat saling bahu membahu menyelaraskan dan mengajarkan agama Islam," kata KGPH Adipati Dipokusumo.

Sedangkan Sesepuh kadilangu Cahyo Imam Santoso menuturkan, Abon-abon pemberian dari Keraton Surakarta tersebut akan digunakan untuk menjamas pusaka peninggalan Sunan Kalijaga. Yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 dzulhijah. 

“Minyak dari Keraton Surakarta ini akan kami campur dengan minyak jamas dari kami. Selanjutnya akan kami gunakan untuk menjamas pusaka peninggalan Sunan Kalijaga," terangnya.

Sementara, Bupati Demak Eisti'anah berterimakasih kepada seluruh Keluarga Keraton Surakarta dan Keluarga Kasepuhan Sunan Kalijaga yang telah melibatkan Pemkab dalam acara ini.

"Ini merupakan kali pertama Pemkab Demak mengikuti prosesi Abon-abon. Kami mewakili Pemkab mengucapkan terimakasih kepada kasepuhan dan keraton Surakarta. Tujuan ini untuk nguri-nguri budaya,"kata Eisti.

"Semoga sinergi yang baik antara Pemkab Demak, Kasepuhan Sunan Kalijaga dan Keraton Surakarta dapat meningkatkan pariwisata di Demak," pungkasnya. (Kominfo/ist/apj- rd)

Tags hiburan wisata seni-dan-budaya sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat wisata-r

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 42
Kunjungan Hari Ini : 1079
Kunjungan Bulan Ini : 15420
Kunjungan Tahun Ini : 161387

Ikuti Kami