Tumpeng Songo Selalu Dinantikan Warga Untuk Mendapat Berkah

Demak - Warga rela mengantri nasi dari tumpeng songo yang telah diarak dari pendopo kabupaten menuju Masjid Agung Demak. Setelah di doakan dalam pengajian umum Grebeg Besar. Sebelum di bagikan kepada warga dan jamaah pengajian, Bupati Eisti'anah memotong tumpeng utama yang tertutup maket masjid Agung, Rabu (28/6/23). 

Jama'ah pengajian dan warga tampak tertib menunggu kedatangan tumpeng beserta gunungan aneka buah dan sayuran hasil bumi. Dan dengan sabar mengikuti pengajian serta pembagian nasi tumpeng songo. Meskipun demikian pihak panitia menyiapkan nasi untuk dibagikan karena tumpeng tidak mencukupi untuk ribuan orang yang ada di halaman masjid. Untuk mengawal dan mengamankan tumpeng songo ini melibat kurang lebih 500 personil gabungan dari TNI/POLRI, Satpol PP, Banser. 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Demak HM Afief Mundzir selaku Ketua Penyelengggara Tumpeng Songo menyampaikan, iring-iringan Tumpeng Songo merupakan rangkaian perhelatan besar Grebeg Besar Demak yang rutin diadakan sehari sebelum Idul Adha. Tumpeng berjumlah sembilan lengkap dengan lawuh ingkung ayam ini wujud ungkapan syukur Bupati Demak untuk dibagikan masyarakat.

Bupati Eisti'anah pada kesempatan menghimbau agar masyarakat tidak perlu berebut untuk mendapatkan tumpeng tersebut. 

" Sudah disiapkan ribuan nasi tambahan yang nantinya akan di bagikan kepada masyarakat. Sehingga harapannya masyarakat ini tidak akan berebutan untuk mendapatkan tumpeng," Kata Eisti

Sebelum tumpeng utama dipotong oleh bupati di dahului dengan do'a bersama dan pengajian umum grebeg besar Idul Adha. Dengan menghadirkan Mubaligh K.H Amin Maulana Budi Harjono dari Semarang. Adapun tema pengajian 'Semangat Berkurban Untuk Kesejahteraan Bersama'. (Kominfo/rd-apj).

Tags wisata seni-dan-budaya inovasi sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat wisata

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 113
Kunjungan Bulan Ini : 1786
Kunjungan Tahun Ini : 83180

Ikuti Kami