Tunjang Kesehatan Lansia Dengan Pola Hidup Sehat

Demak – Kebutuhan gizi lansia mulai menurun 5-10 persen, hal ini di pengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, kegiatan fisik, pekerjaan, suhu, cuaca, dan kondisi fisik. Jelas dr. Endang Dwi Hapsari dari Puskesmas Demak I saat di temui beberapa waktu lalu. 

“Lansia yang di maksudkan, jika sesorang yang berusia lebih dari 60 tahun. Disini pemenuhan kebutuhan gizinya perlu diperhatikan untuk menjaga sel-sel tubuh, menyesuaikan perubahan yang dialaminya dan dapat memperpanjang usia,”kata dr. Endang.

Untuk menerapkan gaya hidup sehat, para lansia harus memperhatikan berbagai hal seperti meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat (merokok, alkohol), mengurangi konsusmsi makanan tinggi lemak, gula dan garam serta perbanyak makan sayur dan buah serta bergerak aktif.

“Aktif bergerak sesuai kemampuan, perbaiki aktifitas fisik dan berolahraga secara teratur, berhenti merokok, kurangi konsumsi alkohol dan narkoba, kemudian dapat mengunjungi posyandu lansia untuk mendapatkan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan secara teratur,”ujarnya.

Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat juga perlu diperhatikan, lanjut dr. Endang, seperti membiasakan diri untuk beraktivitas fisik ringan, misalnya berjalan, bersepeda, berenang.

“Aktivitas fisik dilakukan sekurangnya 30 menit sehari dengan intensitas 3 sampai 5 kali dalam seminggu,” terangnya.

“Dapat juga melakukan Senam lansia untuk menjaga fleksibilitas otot dan keseimbangan. Kemudian mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan menunjang gerakan serta pemeriksaan kesehatan secara berkala,”pungkasnya. (kominfo/ist/put)

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 9
Kunjungan Hari Ini : 134
Kunjungan Bulan Ini : 27653
Kunjungan Tahun Ini : 173620

Ikuti Kami