Turis Asing Tertarik Mengikuti Iringan Tumpeng Songo

Demak- Ada yang menarik perhatian masyarakat Demak saat tradisi iringan tumpeng songo Grebek Besar Demak. Selain menjadi daya tarik wisata budaya lokal ternyata juga menjadi perhatian turis asing. Sejumlah turis yang berasal dari Perancis antusias ingin menyaksikan tradisi iringan tumpeng songo dari pendopo kabupaten ke masjid Agung buatan Wali Songo. Rabu (28/6/23). 

Mereka (turis asing) mengikuti arakan selamatan di malam Hari Raya Idul Adha. Kedatangan mereka disambut oleh bupati Demak dan kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Demak di pendopo kabupaten. 

Bupati Demak, Eisti'anah menyampaikan telah menyambut baik wisatawan mancanegara tersebut yang ingin mengikuti tradisi Tumpeng Songo. Dirinya berharap agenda Grebek Besar dapat banyak menarik wisatawan. 

Berkah Tumpeng

Sesampai di masjid agung, gunungan tumpeng dan hasil bumi disambut takmir masjid dan di laksanakan doa bersama kemudian akan dibagikan ke pengunjung. Sehingga masyarakat tidak saling berebutan dan bisa dibagikan secara merata.

Nur Khasanah salah satu warga Wilayah pesisir di Demak mengaku sudah berada di serambi masjid sejak magrib. Dirinya yang datang dengan keluarga dan kerabatnya sengaja datang untuk mengikuti pengajian grebeg besar dan mendapatkan nasi tumpeng maupun lainya dari prosesi tumpeng tersebut. Dengan harapan apa yang di dapatkan pada malam Idul Adha tersebut dapat membawa berkah baginya. 

" Hampir setiap ada tumpeng songo ini saya datang ke masjid untuk ikut pengajian sambil menunggu dapat nasi tumpeng. Karena nasi yang sudah didoakan insya Allah membawa keberkahan. Dan Alhamdulilah tidak berebutan seperti tahun tahun sebelumnya" Ujar Nur khasanah. (kominf/rd)

Tags musik hiburan wisata seni-dan-budaya inovasi sosial-dan-peduli-sesama layana-publik wisata hiburan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 274
Kunjungan Bulan Ini : 1947
Kunjungan Tahun Ini : 83341

Ikuti Kami