Wapres RI Kunjungan Kerja Di Kabupaten Demak

Demak - Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin Dalam rangkaian kunjungan kerja nya di Jawa Tengah meninjau pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Demak tepatnya di Puskesmas Mranggen III Jl. Pucang Gading Raya, Batursari, Kecamatan Mranggen, Selasa (4/4/23). 

Tiba di Puskesmas Wapres di sambut oleh Bupati Demak Eisti’anah dan pejabat lainya serta Kepala Puskesmas Mranggen III dr. Haerudin. 

dr. Haerudin menjelaskan kegiatan Posyandu yang dilakukan diwilayah kerjanya mulai dari pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pemeriksaan dan pencatatan, pelayanan KIE, konseling dan rujukan, validasi hingga sinkronisasi data hasil pelayanan.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres KH. Ma'ruf Amin berdialog dan menanyakan berapa penurunan angka stunting sampai saat ini. 

Bupati Demak menjelaskan bahwa penurunan di Kabupaten Demak 16,2 persen, nomor 2 terkecil se Jawa Tengah,” jawab Eisti’anah.

“Ya bagus, Jadi kalau 16 persen 14 persen sudah tercapai target berarti kan” puji Wapres.

Menurut rekap data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), penurunan stunting di Kab. Demak Tahun 2022 menempati posisi kedua di Jateng, yaitu 16,2 persen, sedangkan berdasarkan hasil penimbangan serentak adalah 2,99. Di tahun tersebut, jumlah bayi baru lahir suspect stunting sebanyak 396 bayi atau sekitar 2,05, dan bayi yang baru lahir tidak suspect stunting sebanyak 18.920 bayi atau sekitar 97,95 persen.

Sebagai upaya mempercepat penurunan stunting, Pemerintah Kabupaten Demak membuat sinergitas program unggulan, yaitu peningkatan kebersihan dan keindahan wilayah; peningkatan kualitas dan aksebilitas pelayanan kesehatan; serta percepatan pembangunan infrastruktur.

Adapun inovasi daerah dalam upaya percepatan penurunan stunting, adalah Cengkraman Mata Elang, Griya Posting, Rumah Gizi Balita, Rumah Gizi Ibu Hamil, Pil Cantik Rematri, Bawang Kating (Bahaya, Waspada Dan Penanganan Stunting Oleh Kader), Gema Cerdas Permata Mola (Gerakan Bersama Cegah Kurang Gizi Dan Sunting, Laskar Banting (Laskar Berantas Stunting), Gardu Cantik (Gerakan Terpadu Cegah Kematian Ibu Dan Anak), Café Baby Ceris, Posyandu Remaja, Pmt Berbasis Pangan Lokal, Pembelajaran PKH, KTP Untuk Warga Stunting, Gema Cerdas, Griya Gizi Permata Bunda.

Turut Mendampingi Wapres dalam peninjauan tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hevearita Rahayu, Bupati Demak Eisti’anah, Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono, Staf Khusus Wapres Mohamad Nasir, Masduki Baidlowi, dan Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (kominfo/setwapres)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat ekonomi demak nasional kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 4
Kunjungan Hari Ini : 15
Kunjungan Bulan Ini : 12093
Kunjungan Tahun Ini : 70895

Ikuti Kami