Waspadai Penyakit Penyerta Ditengah Pandemi Covid-19

DEMAK - Hipertensi dinyatakan sebagai penyakit paling berbahaya di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, sampai saat ini penderita Covid-19 menunjukkan hipertensi menjadi komorbid tertinggi, hal ini dapat memperburuk kondisi penderita Covid-19.

Meskipun di samping hipertensi, penyakit komorbid lain yang juga bisa menyebabkan kematian bagi pasien Covid-19 yaitu diabetes, penyakit paru-paru, jantung, dan demam berdarah dengue (DBD). 

Hal tersebut di katakan oleh Karjono, Seksi penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa, Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten Demak) di RSKW 104.8 FM, yang mengangkat tema, pencegahan dan pengendalian penyakit hipertensi sebagai komorbid Covid-19. Senin, (08/11/21).

Dalam kesempatan tersebut dirinya menjelaskan bahwa ada beberapa urutan rangking penyakit penyebab kematian di Indonesia sebelum pandemi Covid-19 yakni seperti penyakit Jantung, Cancer, Diabetus Melitus (DM), Stroke, TBC.
 
“Sementara itu ada penyakit penyerta atau komorbit PTM (penyakit tidak menular), terhadap penyakit yang menyebabkan kematian Covid -19 yaitu seperti penyakit Hipertensi, Diabetus Melitus (DM), Jantung, Asma dan Obesitas.” Katanya.

Lanjutnya, “Ada beberapa faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) termasuk hipertensi, faktor tersebut meliputi, faktor melekat seperti (umur, sex, keturunan), perilaku seperti (merokok, diet, aktifitas fisik, stres), faktor antara sementara (hipertensi, hiperglikimia, obesitas, lesi pra canker), faktor akhir seperti (penyakit jantung koroner, stroke, DM, PPOK, ginjal, Cancer).” (Kominfo/Put).

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 15
Kunjungan Hari Ini : 899
Kunjungan Bulan Ini : 27477
Kunjungan Tahun Ini : 173444

Ikuti Kami