Waspadai Penyakit Saat Perubahan Musim Berganti

DEMAK – Dalam memasuki cuaca ekstrem khususnya di wilayah Jawa Tengah, seperti pada bulan November ini, masyarakat Kabupaten Demak harus waspada dengan adanya pnyakit yang akan timbul di Kabupaten Demak ini.

Adapun penyakit yang sering muncul di saat cuaca seperti ini yakni, diare, DBD (demam berdarah dengue), penyakit kulit, ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), dan tipes. Untuk Flu juga termasuk namun ini merupakan penyakit yang sudah umum atau biasa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nurul Furqon Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah sebagai narasumber di studio RSKW 104.8 FM dalam acara bincang pagi. Jum’at, (19/11/21). Turut hadir menjadi narasumber dalam acara tersebut Mawahib Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah, Sri Hartini Anggota Komisi C DPRD Jawa Tengah, Nur Saadah Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah.

Dalam kesempatan tesebut dirinya mengatakan bahwa harus waspada dalam menghadapi musim yang telah berganti ini.

“Kita harus melakukan tindakan preventif kala musim hujan ekstrem, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh masyarakat untuk menjaga kesehatan memasuki cuaca ekstrem ini, di antaranya dengan menjaga kebersihan lingkungan, menjaga pola makan, beristirahat yang cukup, serta berolahraga.” Tegasnya.

Sementara itu , Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah, Mawahib sebagai narasumber lainnya mengatakan, bahwa di Jawa Tengah dari bulan Januari hingga Oktober kasus DBD yang terjadi kurang lebih sebanyak 2170 kasus dengan 56 di antaranya meninggal dunia.

"Di luar musim penghujan saja DBD mengintai, makanya kita sering mendengar bahwa kiat-kiat yang disampaikan Kemenkes adalah 3M, menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali," pungkasnya.

Selain 3M, lanjutnya, pihaknya mengajak masyarakat untuk menggunakan kelambu ketika tidur, kemudian mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, supaya menghindari menggantungkan pakaian dalam rumah, dan memelihara ikan untuk memakan jentik-jentik nyamuk. (Kominfo/Put).

Tags sosial-dan-peduli-sesama demak wisata kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 387
Kunjungan Bulan Ini : 1388
Kunjungan Tahun Ini : 197914

Ikuti Kami