Wujudkan Pelayanan Ramah Anak pada Fasilitas Kesehatan

Demak - Dalam upaya mendukung terwujudnya Kabupaten Layak Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2PA) menggelar Evaluasi Mandiri Pelayanan Ramah Anak di Fasilitas Kesehatan Tahun 2025, Senin (23/6/2025), bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Dinsos P2PA Kabupaten Demak , dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan, 27 Puskesmas serta 2 Rumah Sakit yang menjadi peserta evaluasi.

Betti Susilowati Plt. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada kesempatan tersebut menyampaikan, maksud dan tujuan Evaluasi Mandiri untuk meningkatkan Upaya Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus anak. Kemudian Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pelayanan ramah anak di Fasilitas Kesehatan. Menyediakan ruang publik yang ramah anak. Menjaga anak yang sehat agar tetap sehat, serta memberi rasa aman dan nyaman pada anak dan memberi stimulasi tumbuh kembang anak.

Plt. Kepala Dinsos P2PA Kabupaten Demak, Agus Herawan dalam arahanya menegaskan pentingnya komitmen bersama dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang ramah anak. Menurutnya, fasilitas kesehatan harus menjadi tempat yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak-anak agar mereka tidak takut untuk memeriksakan kesehatannya.

"Pembangunan sumber daya manusia yang memprioritaskan upaya pemenuhan hak anak merupakan upaya strategis karena jumlah penduduk usia anak di bawah 18 tahun, termasuk anak masih dalam kandungan, sekitar 30%. Apabila sepertiga jumlah penduduk meningkat status kesehatannya akan mempengaruhi kualitas kesehatan pada usia dewasa, pra lansia dan lansia, merupakan investasi yang tepat karena akan menjamin kualitas manusia dimasa depan," ungkapnya.

Pelayanan Ramah Anak di Fasilitas kesehatan merupakan upaya atau pelayanan yang dilakukan berdasarkan pemenuhan, perlindungan dan penghargaan atas hak asasi anak sesuai empat prinsip perlindungan anak yaitu non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak untuk hidup tumbuh dan berkembang serta partisipasi suara anak.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Keluarga Soegijopranoto, Paulus Mujiran, hadir sebagai narasumber, memaparkan materi terkait Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP).

"Ada empat komponen pelayanan ramah anak di puskesmas yang meliputi manajemen layanan, tenaga penyedia layanan, fasilitas layanan, dan penyelenggaraan layanan," jelasnya. (Red-kmf/apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 10
Kunjungan Hari Ini : 1886
Kunjungan Bulan Ini : 7364
Kunjungan Tahun Ini : 369657

Ikuti Kami