Angka Stunting di Demak Alami Penurunan, Kerja Keras Pimpinan Dan PD

DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak melalui Bappeda, Dinpermades P2KB , Dinsos , Dinkes mengikuti Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi penurunan stunting secara daring yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Jateng di Surakarta, Senin (30/ 5/22). Diawali dengan pemaparan dari empat OPD sebagai leading Sektor tersebut dihadapan tim penilai dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah. 

Dalam pemaparan disampaikan prevalensi stunting Kabupaten Demak berdasarkan penimbangan serentak oleh Dinkes Tahun 2019-2021 yakni 6.82 persen , 6.05 persen, dan 4.34 persen. 
Dengan demikian angka stunting mengalami penurunan. Tentunya dengan komitmen bersama percepatan pencegahan penurunan stunting di Kabupaten Demak oleh para pimpinan, Bupati, Ketua DPRD, Sekda, Ass Pemerintahan Dan Kesra, Ka. Bappeda, Ka. Dinkes.

Sistem publikasi yang dilakukan demi pencegahan stunting.
juga sudah dilakukan melalui website PD, media online, media sosial, media massa. Kemudian juga dilakukan review kinerja tahunan, kemudian dilakukan pendataan semua bayi dan balita melalui aplikasi EPPGBM sasaran dan target 100%. 

Selanjutnya pelayanan ibu hamil dengan ANC terpadu sasaran dan target 100% dan melakukan skrining kasus ibu hamil / persalinan / nifas resiko tinggi di masyarakat puskesmas dan faskes rujukan sasaran dan target 100%.

Sementara Agung Tejo Prabowo Plt. Kepala Bappeda Prov Jateng menyampaikan bahwa perlu adanya sinergi upaya penurunan stunting hingga ke desa dan kelurahan khususnya di Jawa Tengah.

“Tahun ini dilaksanan aksi 1 s.d.8 konvergensi, di tahun 2019 meskipun ada sekitar 12 sampai dengan 19 Kabupaten / Kota yang masih masuk lokus penanggulangan stunting namun diharapkan 35 Kabupaten / Kota bisa mengikuti 8 aksi konvergensi sebagai wujud komitmen bersama untuk percepatan penurunan stunting.” Katanya.

“Belajar untuk pengelolaan kegiatan dari 8 aksi konvergensi berdasarkan survey tahun kemarin karena kasus stunting menurun sekitar 20%” imbuhnya.

Sementara dalam sambutan dan arahannya, Arifin Hutagalung Kesehatan Bangda Kemendagri menyampaikan kebijakan nasional mendukung implementasi 8 aksi konvergensi. 

Adapun pelaksanaan 8 aksi konvergensi yaitu analisis situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, perbup / peraturan walikota tentang peran desa, pembinaan KPM, sistem manajemen data, pengukuran dan publikasi stunting, review kinerja tahunan.

“Target tahun 2024 penurunan dua kali lipat dari trend saat ini yaitu 3,4% penurunan per tahun. Di Kab. Demak SSGBI 2019 34.8% , SSGI 2022 turun ke 25,5%. Perlu diketahui bahwa kelompok sasaran penurunan stunting yaitu remaja, ibu menyusui, calon pengantin, anak berusia 0-59 bulan, ibu hamil.” Tegasnya.

Lanjutnya, tahun depan Prov Jateng diharapkan bisa turun 18,4% dengan pengelolaan kegiatan 8 aksi konvergensi yaitu instrument dalam bentuk kegiatan pemkab / pemkot untuk memperbaiki manajemen penyelenggaraan pelayanan dasar agar lebih terpadu dan tepat sasaran. 

Adapun inovasi dalam percepatan penurunan stunting di kabupaten demak yakni rumah gizi balita, rumah gizi bumil, pil cantik rematri, bawang kating (bantu kewaspadaan penanganan gizi oleh kader stunting), jimil jider (siji bumil resti siji kader) puskesmas gajah 1 Demak, cengkraman mata elang (pendampingan kesehatan ibu hamil dan stunting), sosialisasi duta genre tentang stunting , PIK remaja (penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja).

Selanjutnya, dashat (dapur sehat atasi stunting), inovasi desa : griya posting (pos penanganan stunting) miniatur rembug stunting di level desa yang disertai komitmen orang tua secara tertulis dan pemeriksaan anak, posyandu remaja laskar pelangi, penyampaian pembelajaran terkait stunting oleh pendamping pkh, edukasi remaja dan ibu hamil oleh puskesmas dan karang taruna guntur.

Serta program gema cerdas (gerakan bersama cegah kurang gizi dan stunting), inivasi pmt berbasis pangan lokal, peduli penanganan stunting oleh kkn tematik unissula di desa kangkung mranggen. (Kominfo/Put-rd).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak nasional

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 382
Kunjungan Bulan Ini : 20767
Kunjungan Tahun Ini : 79569

Ikuti Kami