Antipipasi Bencana Di Musim Penghujan, BPBD Buka Posko Siaga Bencana Alam

Demak - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak membuka Posko siaga bencana alam tahun 2021/2022 di Posko relawan PB Angling Kusumo, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Demak Suprapto mengatakan, pembukaan posko siaga bertujuan untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor yang terjadi di musim penghujan.

“Musim penghujan yang mulai mengguyur beberapa tempat di wilayah Kabupaten Demak membuat sejumlah pihak merasa kawatir. Pasalnya beberapa tahun terakhir ini, di beberapa wilayah di Kabupaten Demak sempat terjadi banjir,”kata Suprapto.

Dirinya menjelaskan, kesiapsiagaan menghadapi bencana merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi penaggulangan bencana alam yang telah di atur dalam undang-undang. “Tentunya langkah tersebut harus mendapat dukungan dari semua pihak dan harus ada keterpaduan antara pemerintah, TNI, Polri dan seluruh lapisan masyarakat.” 

Suprapto menyebutkan, wilayah Kecamatan Mranggen memiliki potensi bencana yang cukup tinggi, terutama di seputaran Desa Banyumeneng, yang mana desa ini terdapat sungai yang cukup besar yang menampung air hujan dari kawasan atas yaitu dari Kabupaten Ungaran. Selain itu juga banyak terdapat perbukitan yang cukup rawan terjadi longsor saat hujan lebat.

“Untuk itu kita buka posko bencana alam disini. Semoga musim penghujan di penghujung akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 nanti, tetap diberikan keselamatan dan tidak terjadi bencana alam,”terangnya.

Sementara Danramil 12/Mranggen Kapten Arm Sukartiyo menambahkan, Kabupaten Demak secara geografis merupakan kawasan cekungan, sehingga potensi banjir sangat tinggi terjadi. Bencana tersebut terjadi bukan serta merta, akan tetapi adakalanya manusia lalai dalam menjaga lingkungannya.

“Marilah kita mulai peduli dengan lingkungan di sekitar kita. Ajaklah anak-anak dan keluarga kita untuk mencintai dan menghargai lingkungan. Tindakan sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, juga merupakan partisipasi kecil dalam menjaga lingkungan,” katanya.

Dalam penanganan bencana alam, lanjutnya, respon yang cepat antara keterpaduan pemerintah dan masyarakat dalam penanganan bencana juga sangat diharapkan. Sehingga dapat berjalan cepat, tepat, efisien dan efektif.

Danramil juga mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk selalu siap siaga manakala debet air sungai di kawasan tersebut naik, untuk segera dilaporkan dan bersiap turun langsung ke lapangan apabila terjadi banjir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut DPRD Kabupaten Demak, Forkopimcam Kecamatan Mranggen serta relawan PB Angling Kusuma. (kominfo/ist)

Tags bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 4
Kunjungan Hari Ini : 360
Kunjungan Bulan Ini : 1361
Kunjungan Tahun Ini : 197887

Ikuti Kami