Aplikasi CME Dukung Pencegahan Stunting, Mendeteksi Kehamilan Ibu

Demak - Inovasi Cengkeraman Mata Elang (CME) adalah sebuah aplikasi atau sarana untuk mendeteksi atau memantau keadaan ibu hamil dan juga menurunkan kasus stunting di Kabupaten Demak.

Kurniawan Arifendi Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak menyampaikan adapun tujuan dari aplikasi tersebut yakni untuk memantau keberadaan ibu hamil atau tingginya kematian ibu dan bayi dan mendeteksi dini adanya kasus stunting.

“Kekuatan dari satu inovasi penilaiannya adalah di replikasi, yang kemudian di kembangkan dan bisa memantau potensi – potensi kematian ibu melahirkan dan bayi dan juga kasus stunting. Karena seperti yang kita ketahui stunting ini harus di tangani bersama.” kata Kurniawan saat Podcast Keberhasilan Implementasi Quick Wins Smartcity Dimensi smart living Cengkraman Mata Elang (CME) di RSKW 104.8 FM, Senin, (28/11/22). 

Kurniawan juga sangat bangga dan mengapresiasi terkait adanya aplikasi CME yang terus di kembangkankan untuk Kabupaten Demak bermartabat, maju dan sejahtera.

"Tentunya saya sangat apresiasi dengan adanya aplikasi ini, CME sangat luar biasa. Semoga dengan adanya aplikasi CME ini Demak mampu menjadi Demak bermartabat, maju dan sejahtera.” terang Kurniawan. 

Sementara Kepala Puskesmas Bonang II Indah Kusumawati yang juga hadir sebagai narasumber pada Podcast tersebut menyampaikan, perkembangan yang sangat signifikan dari adanya inovasi aplikasi CME ini. 

"Awal sebelum ada inovasi posisi kematian ibu sekitar 112 per 100 ribu kelahiran hidup, untuk saat ini kita ada di sekitar 50 an jadi ini sudah menurun hampir separuhnya." terang Indah. 

“Sementara pada tahun 2020 aplikasi kami kembangkan untuk stunting dan dengan deteksi dini yang cepat menggunakan aplikasi, sehingga pada saat penimbangan di posyandu kita sudah tahu siapa yang stunting, dan saat itu juga bisa di kunjungi oleh kader CME. Sehingga nantinya tidak ada keterlambatan.” Kata Indah.

“Dan hasilnya juga turun signifikan, di tahun 2019 itu sekitar 6,8 persen, sekarang di 2022 di posisi 2,99 persen.” tambahnya.

Sebagai informasi Inovasi Cengkraman Mata Elang (CME) diterapkan semua Puskesmas Se- Kabupaten Demak Tahun 2019, kemudian CME dijadikan Inovasi Quick Wins SMART CITY Kabupaten Demak dalam Program 100 Kabupaten/Kota Pintar Se Indonesia Tahun 2019, kemudian Inovasi ini dinilai sebagai Juara I FKTP Berprestasi Tingkat Jawa Tengah dan Nakes Teladan Tingkat Nasional Tahun 2019. Serta CME masuk pada kompetisi TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Puskesmas Bonang II pada tahun 2020. (Kominfo/Apj/Ist-Rd).

Tags inovasi sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 292
Kunjungan Bulan Ini : 19722
Kunjungan Tahun Ini : 78524

Ikuti Kami