Bupati Demak Hadiri Rakor Penanganan Bencana Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023

Demak – Bupati Demak Eisti’anah bersama Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setyo Pratomo serta Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Kurniawan Arifendi menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023.

Rakor yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowono tersebut dilaksanakan di Semarang, Senin (02/01/23). Turut hadir Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Eisti’anah menyampaikan kepada pimpinan rakor, bahwa dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Demak beberapa diantaranya terdampak banjir. Namun banjir kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya dikarenakan rob saja tapi kali ini  juga karena luapan debit air sungai dan hujan yang mengguyur Kabupaten Demak secara terus menerus.

“Beberapa Kepala Desa melaporkan karena belum dilakukannya normalisasi sungai sehingga mengakibatkan air meluap ke permukiman warga,”kata Eisti.

Untuk itu, Bupati meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan normalisasi sungai setiap tahunnya. Pihaknya juga meminta bantuan adanya perluasan tanggul Kali Wulan.

“Kemarin kami sudah melakukan koordinasi terkait Tanggul Kali Wulan, namun saat ini kondisinya semakin kritis dan juga ada bencana longsor. Jika itu jebol akan terjadi kejadian seperti beberapa tahun lalu, di Kecamatan semakin banyak terdampak banjir,”ujar terang Eisti.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, Pemprov Jateng telah mengirim berbagai peralatan tambahan ke daerah-daerah yang dilanda banjir akibat tingginya intensitas hujan. Pengiriman peralatan tambahan ini untuk mempercepat penanganan bencana.
Ganjar juga mengapresiasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah membantu dengan teknologi modifikasi cuaca sehingga dalam dua hari ini tidak turun hujan.

"Kemarin kita koordinasi dengan sangat cepat dengan BMKG maka hari ini ada tujuh rekayasa cuaca yang alhamdulillah hasilnya baik,”pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 631
Kunjungan Bulan Ini : 13533
Kunjungan Tahun Ini : 72335

Ikuti Kami