Cegah Terjadinya Karhutla, Warga Dihimbau Tidak Membuka Lahan Dengan Cara Dibakar

Demak –  Guna memantau titik dan daerah rawan kebakaran serta mencegah terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Jragung Kecamatan Karangawen, Babinsa Koramil 13/Karangawen Serka Masrokin bersama Asisten Personalia Perhutani Wahyu beserta anggotanya melakukan patroli bersama di Hutan Lindung Jati Desa Jragung Kecamatan Karangawen, Rabu (25/08/21).

“Pelaksanaan patroli bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di sekitar perkebunan ini, ada titik rawan kebakaran yang harus kita pantau terus termasuk untuk mencegah adanya penebangan liar,” kata Serka Masrokin

Dirinya menjelaskan, selain untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, dalam patrol juga untuk memastikan kepada para warga yang bekerja di perkebunan untuk tidak membersihkan dan membuka lahan dengan cara membakar apalagi melakukan penebangan liar.

“kita harus pastikan, warga kita tidak ada yang membuka dan membersihkan lahan dengan membakar, apalagi menebang pohon secara liar, karna banyak menimbulkan bencana, selain kebakaran juga bisa menyebabkan banjir bandang. Untuk itu saat pelaksanaan patroli kami mengajak warga untuk berpartisipasi” terangnya.

Lebih lanjut, Serka Masrokin mengungkapkan saat kegiatan patroli, tim menemukan 1 unit sepeda motor Spin tanpa plat nomor. Saat ini kendaraan tersebut telah di amankan di kantor perhutani di Dukuh Gablok 1. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian atas penemuan kendaraan tersebut. 

“Kami memberikan informasi kepada warga bagi yang merasa memiliki kendaraan tersebut bisa mengambil dengan menunjukkan surat-surat kepemilikan kendaraan seperti STNK dan BPKB”, pungkasnya (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 19
Kunjungan Hari Ini : 88
Kunjungan Bulan Ini : 28933
Kunjungan Tahun Ini : 174900

Ikuti Kami