Dandim 0716/Demak Berikan Himbauan Waspada Kebakaran di Musim Kemarau

Demak - Menyikapi meningkatnya jumlah kasus kebakaran di wilayah Kabupaten Demak akhir-akhir ini, Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Kav Maryoto, mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran, terutama di musim kemarau. Dalam keterangannya pada Selasa (03/09/2024), Dandim menekankan pentingnya deteksi dini, pencegahan, antisipasi, dan kesiapsiagaan untuk mengurangi risiko kebakaran.

Dandim menguraikan beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan, seperti mencabut dan mematikan aliran listrik peralatan elektronik saat meninggalkan rumah atau kantor. Selain itu, Dandim juga menekankan pentingnya memastikan ketersediaan peralatan proteksi kebakaran pada bangunan atau gedung, seperti hydrant, alat pemadam api ringan (APAR), detektor kebakaran, dan sprinkler.

Mewaspadai saat menggunakan lilin, obat nyamuk, dan korek api, serta memastikan benda-benda tersebut jauh dari jangkauan anak-anak. "Ini yang sering terjadi. Waspadai saat membakar sampah di pekarangan atau ranting kayu di kebun. Pastikan api benar-benar padam sebelum meninggalkannya. Jangan lupa juga untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan," ungkapnya.

Jika kebakaran sudah terjadi, warga diimbau untuk tidak panik dan segera melakukan upaya pemadaman secara mandiri sambil meminta bantuan warga sekitar. Penting juga untuk segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang, seperti Posko Damkar, Polsek, atau Koramil terdekat.

"Mencegah bencana kebakaran adalah tugas kita semua. Jangan lengah dan tetap waspada," tegas Dandim. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 25
Kunjungan Hari Ini : 1118
Kunjungan Bulan Ini : 4000
Kunjungan Tahun Ini : 222701

Ikuti Kami