Dinkominfo Demak Bentuk Forum Informasi dan Komunikasi Publik

Demak - Sebanyak 42 peserta dari perwakilan  Perangkat Daerah mengikuti kegiatan pelatihan kehumasan bagi badan publik. Peserta yang telah tergabung dalam Forum Informasi dan Komunikasi Publik (F-IKP) menerima materi penulisan berita dan fotografi, yang berlangsung di aula rapat dinas kominfo Demak, Selasa (6/2/24).

Dari forum yang di bentuk ini diharapkan petugas humas pada Perangkat Daerah
Dapat turut menyebarluaskan informasi kepada publik, Baik program kerja atau kegiatan instansinya. Selain itu juga diharapkan  mampu menjadi ajang pertukaran  informasi dan koordinasi antar perangkat daerah. dengan tujuan  yang positif guna meningkatkan citra pemerintah daerah di era kompetitif. 

Sekdin Kominfo Indrijantoro Widodo saat membuka acara tersebut menyampaikan, Untuk Peserta F- IKP merupakan mitra di bidang informasi publikasi atau kepanjangan tangan dari pemkab untuk dapat membantu implementasi diseminasi informasi. 

" Teman teman ini nantinya akan tutut menyebar luaskan informasi tentang kebijakan, hasil pembangunan pemkab. Juga dapat memberitakan terkait potensi desa masing masing, jadi tidak hanya program Pemkab saja" Kata indrijantoro Widodo. 

Sementara Kabid IKP Agus Pramono  Dalam paparannya menekankan pentingnya peran humas pemerintah dalam memenuhi hak tahu publik serta mengakomodasi penyampaian informasi yang benar kepada masyarakat.

"Kami berterima kasih kepada peserta dari OPD yang telah bersedia menjadi duta informasi. Di tengah keterbatasan sumber daya manusia di OPD, kami harus mampu menjaga kondusifitas wilayah serta menyampaikan informasi yang mudah diakses oleh masyarakat," kata Agus.

Rudyanto Pranata Humas Ahli Muda, memaparkan pentingnya petugas humas memiliki bekal kemampuan menulis berita dan   fotografi jurnalistik, yang menunjang tugas harian. 

"Kemampuan mengolah informasi menjadi sebuah berita itu sangat penting. Karena akan memicu minat publik untuk membaca sebuah berita. Kemudian berita akan lebih menarik dipastikan disertai dengan foto peristiwanya. Sehingga untuk mengabadikan momen melalui fotografi juga diperlukan keterampilan memotret" Kata Rudy. 

"  Melalui kegiatan seperti F-lKP, diharapkan dapat meningkatkan transparansi, akurasi, dan kecepatan informasi kepada masyarakat, sekaligus memperkuat peran humas dalam menciptakan kebijakan yang berorientasi pada kepentingan publik. 
(Kominfo/Ry-Apj/Ist).

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 10
Kunjungan Hari Ini : 1511
Kunjungan Bulan Ini : 17287
Kunjungan Tahun Ini : 163254

Ikuti Kami