Dukung Barrier, Area TPA Dilakukan Penghijauan

Demak – Pembuatan area hijau di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Berahan Kulon Kecamatan Wedung akan dilakukan secara bertahap. Seluas 5 hektare tanah disekitar area TPA akan difungsikan untuk area taman dan penghijauan.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Arso Budiyatno menyampaikan, pembuatan taman dan penghijauan tersebut khususnya untuk mendukung barrier. “Area ini memang sengaja kita buat untuk mengurangi dampak hembusan angin. Jadi sekitar TPA akan dibuat area penghijauan”.

Hari ini akan ditaman 500 batang pohon bantuan dari Djarum Foundation.  Jenis pohon yang akan kita tanam diantaranya Trembesi dan Sirsak.

“Gerakan penanaman pohon ini bersamaan dengan selamatan pembangunan TPA berahan kulon dalam rangka HUT Demak ke-518”, kata Arso saat ditemui di lokasi TPA Berahan Kulon, Senin (22/3/21).

Sementara terkait pembangunan TPA baru, KadinLH Agus Musyafak menyampaikan, TPA seluas 25,05 hektare tersebut akan dijadikan TPA modern dengan sistem sanitary landfill. Yakni sistem pengelolaan atau pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah.

Lebih lanjut Agus mengatakan , “Saat ini kita mengejar target fasilitas awal yaitu sel sampah dan unit pengelolaan air limbah terus kita buang  ke sungai wulan”.

Pihaknya menjelaskan, air limbah tersebut telebih dahulu diolah.” Kita usahkan yang kita buang sudah melalui baku mutu. Barometernya ikan jika ikannya tidak mati berarti aman”,pungkasnya.(kominfo/ist)

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 15
Kunjungan Hari Ini : 676
Kunjungan Bulan Ini : 16452
Kunjungan Tahun Ini : 162419

Ikuti Kami