Festival Megengan dan Kirab Budaya Perpaduan Tradisi Seni dan Budaya

Demak - Menyambut datangnya bulan Ramadhan 1444 Hijriah dan kirab budaya hari jadi Kabupaten Demak ke - 520 di meriahkan Festival Megengan dan Kirab Budaya. Kegiatan yang digelar sehari sebelum Ramadhan ini dibuka oleh Bupati Demak Eisti'anah ditandai dengan memukul beduk di dampingi oleh Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Sekda Demak Akhmad Sugiharto, Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, Plt Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Kurnia Zauharoh. Rabu, (22/3/23). 

Plt Kepala Dinas Pariwisata  Endah Cahya Rini dalam sambutannya menyampaikan, program kerja yang dimanifestasikan dalam bentuk kegiatan membutuhkan sinergi nyata seluruh komponen. Bergandeng tangan bahu membahu untuk sebuah kolaborasi yang elok. 

"Semua perlu berkontribusi, mulai dari unsur pimpinan, sekolah, komunitas , masyarakat dengan semangat dan totalitas yang utuh. Asa dan tekad itulah yang kemudian melahirkan optimisme, sehingga pada siang ini lahirlah kegiatan Festival Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali 2023," kata Endah. 

"Pada perhelatan hari ini dapat kita saksikan bersama  peragaan busana yang merupakan sinergi yang apik dari  putra putri terbaik Demak. Tiga designer yang telah berkiprah di tingkat nasional  yaitu Naja the label, Ewila dan Yosie. Didukung dari komunitas MUA (Make up Artis Demak) dengan talent - talent berbakat dari Kabupaten Demak yang lahir dari audisi yang kita adakan sebelumnya dan penata koreo Mas Sany putra demak dari Dempet yang telah berkiprah di tingkat nasional" Jelas Endah.

Sementara Bupati Demak Eisti'anah dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi terhadap peserta yang mengikuti Festival Megengan dan Kirab Budaya tahun 2023.

"Mudah-mudahan kegiatan ini mampu menjadi pemantik semangat, utamanya bagi generasi muda untuk terus menghidupkan ruang seni dan budaya di Kabupaten Demak. Jangan sampai seni budaya yang telah terawat dengan baik menjadi luntur dan terdegradasi oleh perilaku-perilaku yang menyimpang dari nilai-nilai luhur bangsa," Kata Eisti. 

"bazar kuliner UMKM ini tentu akan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menyambut Ramadhan. Dengan adanya bazar kuliner ini pula, geliat ekonomi masyarakat akan meningkat sehingga sektor perekonomian daerah akan tumbuh positif," tambahnya. 

Kemeriahan Kirab Budaya diikuti 20 grup dengan jumlah peserta mencapai 1.200 orang. Di awali Parade fashion show oleh designer Demak, Tari Kolosal Padma Baswara dan Karnelis Budoyo, dilanjutkan Rebana Remasade, Asmilati Kolosal dari SD BUQ, Marchinband dan tarian MI Sulfa, Zippin SD Bintoro 2 Demak, Silat SD Katonsari 1, Zippin dan tari SD Mangunjiwan, Marchindband dan Angklung MTS NU Demak, Tari Capring Rebana dan Sekar Manggar, SMP N 1 Demak, Tarian Lathi dan Jaranan MTS N 3 Demak, Tari Kolosal Zipin SMA N 1 Mijen, Tari Zipin dan Rebana SMA 1 Demak, Marchind Band SMK Islam Alfadhilah, Tari Zipin dan Rebana MAN Demak,Tari Kolosal Kidung Kolosebo SMA Islam Mifda Jogoloyo, Pencak Silat Komunitas PSHT, Barongan Jathilan Jaranan Dewa Dewi. (Kominfo/Apj-rd)

Tags musik hiburan wisata seni-dan-budaya inovasi layana-publik motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 1000
Kunjungan Bulan Ini : 17245
Kunjungan Tahun Ini : 76047

Ikuti Kami