Grebeg Besar Demak Potensi Wisata Budaya, Bidik Wisatawan Mancanegara

Demak - Grebeg Besar berpeluang menjadi agenda wisata internasional, mengingat daya tarik budaya dan tradisi yang kuat dari acara ini. Dengan perencanaan yang matang dan inovasi yang terus dilakukan, Grebeg Besar memiliki peluang besar untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, serta memperkenalkan budaya Demak ke kancah internasional

Hal tersebut terungkap saat talk show di studio Radio Suara Kota Wali 104.8 FM mendatangkan tamu special Afief Mundzir Kepala Kemenag Demak, Muntohar Owner Diana Ria, dan M. Ridwan Pemerhati Pariwisata. Dengan tema "Grebeg Besar 2024: Menjadi Agenda Internasional, Bisakah?", Senin, (10/06/2024).

Pada kesempatan tersebut, Afief Mundzir menjelaskan perjalanan Grebeg Besar Demak yang di gelar setiap Idul Adha.

"Grebeg besar merupakan tradisi yang telah menjadi bagian penting dari budaya Jawa. Acara ini dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati hari jadi Kota Demak dan momen-momen penting dalam agama Islam, seperti Hari Raya Idul Fitri atau Maulid Nabi Muhammad SAW. Salah satu ciri khas dari Grebeg Besar Demak adalah parade "gunungan" yang terbuat dari berbagai macam makanan dan barang kebutuhan sehari-hari, melambangkan berkah dan kelimpahan," kata Afief.

"Untuk tahun 2024, Grebeg Besar akan menampilkan Tumpeng 9 dan 90 gunungan, membawa simbol keberkahan dan kemakmuran kepada masyarakat. Sejarah pelaksanaan Grebeg Besar yang pernah diadakan di berbagai lokasi, seperti Stadion Pancasila, Alun-Alun Demak, hingga Taman Parkir Tembiring, menunjukkan fleksibilitas dan perkembangan acara ini dari tahun ke tahun," tambahnya.

Sementara Muntohar, owner Diana Ria, menyampaikan harapannya agar proses perencanaan Pesta Rakyat Grebeg Besar dapat dimulai enam bulan sebelum pelaksanaan untuk memastikan konsep dan penampilan lebih matang. 

"Tahun ini, Pesta Rakyat Grebeg Besar akan menghadirkan inovasi dengan penampil seperti band Tipe-X, membawa warna baru dalam acara tersebut. Tentu demgan artis artis lainya juga akan memeriahkan pesta Rakyat Grebeg Besar tahun ini," ungkap Muntohar.

M. Ridwan, pemerhati pariwisata, berharap adanya panggung terbuka di Pesta Rakyat Grebeg Besar, sehingga masyarakat dapat menikmati sajian hiburan kesenian, kuliner, dan musik yang ada di Demak secara lebih luas. 

Selain itu, ia menekankan pentingnya Grebeg Besar untuk memberikan manfaat dan keuntungan bagi pemerintah kabupaten Demak dan masyarakat sekitar. 

(Kominfo/Apj).

Tags seni-dan-budaya inovasi sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat wisata-religi e

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 23
Kunjungan Hari Ini : 612
Kunjungan Bulan Ini : 14953
Kunjungan Tahun Ini : 160920

Ikuti Kami