Grebeg Besar Siap Di Gelar, Sempat Ditiadakan Dua kali

Demak - Pasar Rakyat Grebeg Besar Demak  tahun ini siap di Gelar,  Arena permainan dan hiburan keluarga ini sempat terhenti 2 tahun saat diserang Pandemi Covid-19. 

Namun kali ini event tahunan pada hari Raya Idul Adha berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Sebab para pengunjung ke arena pasar rakyat tersebut digratiskan. 

Hal tersebut di ungkapkan oleh Wakil Bupati Demak Ali Makhsun saat talkshow bersama di Studio RSKW 104.8 FM, Senin, (20/6/22).

“Ini akan menjadi suatu hal yang baru karena sudah dua tahun tidak terlaksana, dan ini saatnya kita merayakan pesta rakyat dengan semaksimal mungkin.”

“Maka kami mengundang seluruh masyarakat untuk mengunjungi Pasar Rakyat yang akan di gelar dari tanggal 24 Juni sd 16 Juli 2022 di Lapangan Parkir Tembiring Jogo Indah.” Kata Wabup.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati juga menyampaikan beberapa upaya untuk mengenalkan dan mewariskan Tradisi Daerah kepada para generasi muda-muda yang ada di Wilayah Kabupaten Demak.

“Para generasi muda harus mengetahui tentang sejarah dan tradisi yang ada di daerah masing - masing. Pada saatnya mereka akan menggantikan posisi kita.”

“Dengan melibatkan para generasi muda dalam pelaksanaan prosesi, memberi peran secara langsung maka akan mendekatkan mereka untuk menjadi bagian dari proses pembelajaran ini.” Ungkapnya.

“Nanti untuk kegiatan prajurit 40 an di dalamnya juga terlibat langsung siswa - siswi SMA dan juga grup kesenian zippin dan barongan.” Terangnya.

Wabup juga menerangkan bahwa dalam rangkaian acara grebeg besar di Kabupaten Demak ini seluruh jajaran Pemkab turut membantu.

“untuk seluruh rangkaian acara banyak pihak yang kita libatlkan seperti FORKOPIMDA, Seluruh OPD, BUMD, Intansi Vertikal, Kepala Sekolah, Tokoh masyarakat tokoh agama , Takmir Masjid , Pihak Kadilangu dan yang sangat utama adalah melibatkan seluruh masyarakat di Kabupaten Demak.” Jelasnya.

Dirinya mengajak untuk warga masyarakat di Kabupaten Demak untuk memeriahkan acara grebeg besar tahun ini.

“Ayo untuk warga Demak mari turut memeriahkan grebeg besar di tahun ini, semoga ini menjadi kebahagian bersama sehingga memancarkan semangat yang positif khususnya di Kabupaten Demak.” Pungkasnya.

Sebagai informasi rangkaian kegiatan perayaan grebeg besar diawali dengan Ziarah ke makam kasultanan Bintoro dan makam Kanjeng Sunan Kalijaga Demak, Kamis 23 Juni 2022 pukul 15.30, selanjutnya pembukaan Grebeg Besar di Pendopo Kabupaten Jumat 24 Juni 2022 pukul 19.00.

Prosesi iring-iringan tumpeng 9 dari pendopo Kabupaten menuju serambi Masjid Agung Demak dan dilanjutkan pengajian Umum pada Jumat 8 Juli 2022 pukul 19.00 WIB. Pada saat yang sama di lokasi kasepuhan menggelar tradisi ancakan (sedekah selamatan yang tempatnya dalam wadah yang terbuat dari ancak atau bamboo).

Puncaknya Prosesi Penjamasan pusaka pada abtu 9 Juli 2022 jam setelah dilaksanakan Sholat Ied di Masjid Agung Demak. Iringan prajurit patang puluhan dari pendopo Kabupaten Demak menuju Makam Sunan Kalijaga dengan membawa minyak jamas (Kominfo/put-rd).

Tags hiburan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 454
Kunjungan Bulan Ini : 13356
Kunjungan Tahun Ini : 72158

Ikuti Kami