Hindari Kerusakan Lingkungan Dengan Menggunakan Pestisida Nabati

Demak – Pengunaan pestisida ramah lingkungan atau nabati dirasa lebih efektif untuk mengganti cara lama penggunaan pestisida kimia. Hal tersebut disampaikan Kasi Usaha dan Pemasaran Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Setya Agus Kurniawan.

Mengingat banyaknya bahaya penggunaan pestisida kimia, untuk itu konsep pertanian ramah lingkungan menjadi solusi terbaik. Selain menjaga kelestarian lingkungan, penggunaan pedisida ramah lingkungan relatif lebih murah. 

“Pestisida nabati berasal dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lainnya yang berkhasiat mengendalikan serangan hama pada tanaman. Pestisida nabati tidak meninggalkan residu yang berbahaya pada tanaman maupun lingkungan,” kata Agus.

Ia menjelaskan, pestisida jenis ini (nabati) ramah lingkungan serta mudah diperoleh dan dibudidayakan, salah satunya seperti tumbuhan sereh dapur.

“Sereh wangi dan mimba yang dapat dibuat menjadi bentuk minyak tanaman. Penggunaan pestisida nabati secara tidak langsung juga telah menjaga keberlanjutan dari sistem pertanian itu sendiri dan mengurangi dampak negatif dari rusaknya ekosistem sekitar,”ujarnya.

Lebih lanjut Agus menambahkan penggunaan pestisida alami biasanya menggunakan organ tanaman seperti akar, daun, biji, dan buah tanaman. Yakni yang menghasilkan senyawa tertentu yang dapat menghalau serangga untuk memakan atau bahkan mematikan serangga tersebut.

Penggunaan pestisida nabati sebenarnya dapat diterapkan di berbagai daerah tapi perlu memperhatikan waktu, dosis dan lain lain agar efektif mengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman.

“Organisme pengganggu tanaman seperti hama, gulma dan penyebab penyakit tanaman seperti virus, bakteri adalah organisme yang mampu mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Organisme-organisme tersebut harus dikendalikan untuk mencegah terjadinya kerusakan tanaman hingga menyebabkan gagal panen dalam sekala luas,” pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 12
Kunjungan Hari Ini : 17
Kunjungan Bulan Ini : 27536
Kunjungan Tahun Ini : 173503

Ikuti Kami