Jelang Ramadhan, Kunjungan Peziarah Sunan Kalijaga Meningkat

Demak - Kunjungan wisatawan religi di Kadilangu meningkat seiring adanya kelonggaran dari Pemerintah dengan meredanya kasus Covid-19 di Indonesia. Salah satunya di Makam Kanjeng Sunan Kalijaga, terlihat kunjungan peziarah meningkat di banding hari- hari sebelumnya.

Peningkatan kunjungan peziarah tampak terlihat saat di bulan Rajab dan Bulan Sya'ban menjelang bulan Ramadhan. Yang merupakan tradisi bagi umat muslim "ngalap berkah" ( mengharap ridho atau karomah para waliyullah).

Menurut Marbot (pegawai) Makam Sunan Kalijaga Suyitno, kunjungan para peziarah meningkat mulai dua bulan menjelang Ramadhan. Hal ini dilakukan mengingat pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban merupakan tradisi bagi umat muslim untuk mencari ridho dan karomah dari waliyullah.

"Biasanya dua bulan menjelang ramadhan kunjungan akan meningkat. Tepatnya pada bulan Rajab dan bulan Ruwah (sya'ban). Apalagi nanti Minggu depan, pada hari Minggu terakhir sebelum puasa akan tambah rame lagi peziarah nya, kalau Minggu malah full pengunjung gak ada berhentinya," kata Suyitno saat di temui  di lokasi Makam Sunan Kalijaga, Kamis (24/03/22).

Salah satu peziarah dari Kabupaten Grobogan Pujiono yang datang bersama keluarganya menyampaikan, bahwa keluarga besarnya sering berziarah di Makam Sunan Kalijaga untuk mengharap berkah dan karomah Waliyullah.

"Saya sering kesini bersama keluarga. Selain ngalap berkah menjelang Ramadhan, untuk kali ini memenuhi nazar saudara yang sebelumnya kerja di luar negeri. Dia nazar apabila pulang di Jawa, minta diantar berziarah di Makam Sunan Kalijaga,"ujarnya.

Sementara peziarah lainnya Dedy bersama istrinya yang berasal dari Banjarnegara mengatakan, jika kebutulan dirinya pulang ke Demak akan menyempatkan diri untuk berziarah di Makam Sunan Kalijaga.

"Alhamdulillah saya bersama istri sudah beberapa kali berziarah disini untuk berdoa  mencari ridho dan  karomah dari Waliyullah. Insyaallah, setelah lebaran nanti akan kembali, berziarah disini,"pungkasnya. (Kominfo/Rudy/ist)

Tags wisata-religi demak wisata

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 322
Kunjungan Bulan Ini : 13224
Kunjungan Tahun Ini : 72026

Ikuti Kami