Kekeringan Kemarau Panjang Dan Antisipasinya

Demak- Fenomena El nino dengan  kemarau panjang membawa dampak kekeringan di wilayah kabupaten Demak. Banyak sumber mata air yang menyusut dan mengering sehingga banyak warga membutuhkan air bersih. Ada sebanyak 12 kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Demak menerima suplai air bersih dari BPBD Demak. 

Menurut Plt Ka Harian pelaksana BPBD Demak Agus Nugroho LP di Kabupaten Demak ada lima (5 ) potensi bencana Salah satunya adalah Kekeringan.

"Sampai hari ini sudah ada 12 kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Demak telah kita suplai air bersih. Total sudah 260 tangki x 5.000 liter. Setiap harinya kekuatan BPBD mampu mensuplai air bersih sebanyak 15 tangki,Itupun dilakukan sampai malam " Kata Agus Nugroho, Senin (5/9/23).

" Untuk mengisi satu tangki saja butuh waktu hingga 45 menit, jadi kita mengambil di beberapa titik sumber air baku. Sebab kalo ambil di satu titik butuh waktu lama karena harus antri". Ujar Agus Nugroho LP. 

Antisipasi Kekeringan

Bencana kekeringan harus di waspadai sebab air merupakan sumber kehidupan, namun demikian bencana kekeringan ini sebenarnya sudah bisa di antisipasi sebelumnya. Oleh berbagai pihak baik masyarakat, lembaga maupun perusahaan. Sebab hampir di pastikan setiap bulan Juli - Oktober masuk musim kemarau. 

Menurut Agus Nugroho LP Kemarau dan kekeringan seperti saat ini semestinya Pudam / Pamsimas, desa desa sudah punya strategi jadi tidak mengandalkan air baku permukaan. Namun telah membuat alternatif sumber mata air lain seperti sumur resapan, artetis, embung dan lainya. 

"Tujuannya bisa saat kekeringan seperti ini mampu mensuplai air bersih bagi warga.  Ini sudah saya informasikan sejak dulu, Jadi jika tahun ini kekeringan, harusnya tahun berikutnya tidak terdampak lagi kekeringan karena sudah ada sumber air baku lain selain sungai" 

Dijelaskan Agus Nugroho LP, Antisipasi kekeringan dapat dilakukan oleh masyarakat adanya sumur resapan di masing masing keluarga. Kemudian desa desa dapat menyediakan embung  sebagai sumber air baku. Jika ini bisa berjalan dan dilakukan oleh warga, desa,lembaga atau perusahaan air minum daerah Insya Allah di tahun depan tidak akan ada kekurangan air baku. (komf/ rd)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 361
Kunjungan Bulan Ini : 23123
Kunjungan Tahun Ini : 104517

Ikuti Kami