Keseruan Tim Liputan Sedekah Laut dan Syawalan Desa Bungo Wedung

Demak - Keseruan dalam liputan Sedekah Laut dan Syawalan di alami tim liputan Dinas kominfo kabupaten Demak. Saat meliput prosesi pelarungan sesaji sedekah laut di desa Bungo kecamatan Wedung, Rabu (17/4/24). 

Setelah rombongan warga yang melarung di lepas bupati Demak Eisti'anah, tim liputan bersama warga menaiki perahu membawa sesaji. Berupa kepala kambing ( wedus) kendit serta ubo rampe lainya seperti jajan pasar, buah, ketan dan bubur serta bunga. 

Perjalanan menuju ke laut mendapatkan pengawalan dari pihak polisi Airud dan TNI AL yang menggunakan perahu karet. 

Keseruan tim liputan muncul saat perjalanan menuju ke laut, dari dermaga kecil desa Bungo cukup lama membutuhkan waktu 1 jam lebih. Tim liputan dinas kominfo beserta warga lainya bersabar dan diam tanpa suara diatas perahu. 
Sebab bisingnya deru mesin perahu memekakkan telinga.  Sehingga jika berbicara akan sia sia tak akan terdengar. 

Selain itu besarnya hempasan angin dari laut turut mendukung kepasifan setiap orang ditambah goncangan dan goyangan perahu  yang di hantam ombak air. 

Dalam diamnya tim liputan ternyata  juga menahan sengatan matahari langsung dari atas kepala, maklum perjalanan diatas air pada pukul 9.30 wib dan satu (1) jam kemudian sampai di tengah laut. 

Salah satu tim liputan, Salipung mengatakan ini pertama kalinya dirinya meliput syawalan dan prosesi larung sesaji. 
" Ini baru pertama kalinya dan terombang ambing di air lebih dari 1 jam perjalanan untuk ke laut. Meski lelah karena situasi di perahu juga apa adanya, namun ini sangat seru dan berkesan " Jelas Salipung. 

Sementara kru liputan yang lain Isti mengungkapkan jika ini merupakan perjalanan wisata tradisi syawalan yang berkesan. Sebab segala suasana dirasakan jadi satu, panas, bising mesin yang menyumpat pendengaran hingga mual dan terombang ambing dengan ombak bahkan sesekali menghirup asap mesin diesel perahu. 

" Total kita tiga (3) jam di atas perahu dengan kalkulasi perjalanan pulang pergi dua (2) jam dan prosesi larung dan doa satu jam Sungguh  keren luar biasa" Kata isti penuh kepuasan berpetualang. 

Tradisi Sedekah laut dan Syawalan ini merupakan tradisi warga desa Bungo yang di lakukan bertahun tahun. Tidak hanya itu saja warga desa juga menggelar tahlilan dan pengajian serta hiburan rakyat dalam melaksanakan tradisi Syawalan ini dengan biaya swadaya warga nelayan setempat. (komf/bib/ist)

Tags wisata demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 12
Kunjungan Hari Ini : 397
Kunjungan Bulan Ini : 23159
Kunjungan Tahun Ini : 104553

Ikuti Kami