Ketua DPRD Meminta Layanan Vaksinasi Prioritaskan Siswa

Demak- Ketua DPRD Kabupaten Demak, H. Fahrudin Bisri Slamet  meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Demak agar benar-benar memprioritaskan pemberian Vaksin Covid-19 bagi siswa SLTP sampai SLTA yang berusia 12 tahun sampai 18 Tahun. Hal itu disampaikan Slamet saat monitoring jalanya Vaksinasi di RS Sultan Fattah Karangawen bersama Bupati Eisti'anah dan Wabup Ali Makhsun dan unsur Forkopimda, Selasa (13/7/21).

"Mestinya Dinas Kesehatan itu sudah faham bahwa pemberian Vaksin untuk siswa usia 12 sampai 28 tahun menjadi skala prioritas", kata Fahrudin Bisri. 

Selama dua hari pelaksanaan Gerakan Gencar Vaksin, saya sudah mendatangi beberapa tempat Vaksin terpusat, menemukan beberapa  kendala yang perlu diperbaiki pelaksanaannya oleh Dinkes, tambah FBS.

"Hari ini di RS. Sultan Fattah sebagai salah satu sentra pelayanan Vaksin, masih terjadi kebingungan warga karena sebelumnya sudah mendaftar lewat link pedulilindungi.id . Namun sampai ditempat diminta mengisi blangko lagi. Lah terus manfaatnya Link itu untuk apa", tandas Slamet yang didampingi oleh Plt. Direktur RS. Sultan Fattah dr Ribekan.

Lebih lanjut ketua DPRD juga menyampaikan bahwa pemberian Vaksin bagi siswa bercampur dengan warga umum akan rentan terjadinya cluster baru. 

 "Jika vaksinasi siswa digabung dengan masyarakat umum, maka dikhawatirkan bisa menimbulkan cluster Covid baru, pihak sekolah juga tidak bisa memantau siapa siswa yang sudah Vaksin dan siapa yang belum. Padahal kita mentargetkan agar terjadi Herd Immunity dilingkungan sekolah,  maka sedikitnya 70 persen siswa dan guru harus sudah divaksin", kata Fahrudin Bisri. 

Untuk itu saya berharap, Ayok Dinas Pendidikan Kabupaten dan Dikbud Provinsi yang membawahi SMA/SMK di Demak, serta  Kementerian Agama, monggo saling proaktif berkoordinasi  lintas Instansi, demi untuk masa depan Generasi PELURUS Bangsa yang Sehat, Cerdas dan Bermartabat, tambah Ketua DPRD dari Fraksi PDIP.

Dorongan PGSI

Sebelumnya Ketua PGSI Kabupaten Demak Noor Salim, sudah menyampaikan permohonan Vaksin khusus Siswa kepada Kepala Dinkes Guvrin Heru Putranto. Menurut ketua PGSI, Bahwa salah satu sarat untuk pembukaan sekolah atau Pembelajaran Tatap Muka, guru dan siswa harus sudah divaksin. 
"Saat ini dikabupaten Demak  untuk tenaga kependidikan dan guru baik dibawah Kemenag maupun Dikbud 90 persen sudah divaksin. Maka tinggal menunggu siswanya yang divaksin " Tambah Salim.

Jika di Kabupaten/ kota lainnya bisa melaksanakan Vaksin Khusus Siswa, maka mestinya Kabupaten Demak juga bisa, contohnya di Kota Surabaya dan lainya, jelas Salim. 

"Berdasar evaluasi hasil sidak dari Pak Fahrudin Bisri Slamet selaku Ketua DPRD, bahwa pelaksanaan Vaksin siswa yang digabung dengan masyarakat umum, tidak efektif, maka PGSI benar- benar mendorong Dinkes melakukan Vaksin khusus Siswa". pungkas Salim. ( kominfo)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik bencana demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 2
Kunjungan Hari Ini : 47
Kunjungan Bulan Ini : 21163
Kunjungan Tahun Ini : 79965

Ikuti Kami