Latih Siswa Menjadi Pemilih Cerdas Melalui Pemilos

Demak - Anggota KPU Demak lakukan giat sosial dan dampingi pemilihan ketua dan wakil ketua osis (pemilos) SMA N 1 Karanganyar Demak. Pemilihan yang dilakukan 1 tahun sekali ini untuk memilih ketua dan wakil ketua osis yang merupakan project terakhir program Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di tahun 2022.

Dalam kegiatan pemilos tersebut di buka langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Karanganyar Khairul Anwar di gedung pertemuan SMA N 1 Karanganyar, Jum'at, (23/9/22). 

"Momentum Pemilos ini dilakukan setiap 1 tahun sekali. Hari ini adalah hari Pemungutan suara. Tahapan sebelumnya yang sudah dilakukan adalah penyusunan visi misi, penyampaian visi misi, debat kandidat, kampanye dan masa tenang. Ada dua pasangan calon akan dipilih pada hari ini". Jelas Khairul Anwar. 

Sementara Siti Ulfaati anggota KPU Kabupaten Demak Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan osis adalah organisasi yang berperan menggerakkan siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah dan juga merupakan wadah pembinaan kesiswaan di sekolah untuk pengembangan minat, bakat serta potensi Siswa. 

"Maka dari itu diharapkan melalui osis ini, siswa - siswi bisa berkomunikasi, menyampaikan pemikiran, dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berpikir, wawasan, dan pengambilan keputusan." Katanya. 

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga mengajak kepada seluruh siswa - siswi SMA N 1 Karanganyar untuk menjadi pemilih cerdas dalam Pemilos atau Pemilu Tahun 2024. 

Adapun indikator pemilu cerdas yaitu aktif mencari informasi tentang riwayat kandidat, visi, misi, dan program kandidat, aktif mengikuti kegiatan kampanye untuk mengetahui lebih dalam visi, misi dan program kandidat, mampu mengatasi isu atau berita hoaks dan kampanye hitam (black campaign), terinternalisasi sikap anti money politics dan turut mengawasi, mengontol serta memberikan masukan terhadap calon terpilih atas visi, misi, program kerja yang di lakukan. (Kominfo/Apj-Rd).

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 53
Kunjungan Bulan Ini : 3269
Kunjungan Tahun Ini : 159972

Ikuti Kami