Manfaatkan E- Katalog Dan Market Place Untuk Berdayakan UMKM Jateng

Demak - UMKM memiliki kekuatan yang dahsyat, sehingga perlu diberdayakan. Dengan membeli produk lokal, UMKM akan bangkit, salah satunya melalui e- katalog dan market place di mana pengadaan barang/jasa secara elektronik akan lebih transparan karena semuanya tercatat secara jelas. Kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada acara Komitmen Jawa Tengah Untuk Implementasi Aksi Stranas PK 2021-2022 terkait implementasi e-katalog local, e-market place yang dilaksanakan secara daring melalui zoom metting, Kamis (18/3/21).

Hal ini bertujuan untuk memperbaiki sistem pengadaan barang/jasa agar semakin transparan, jujur dan tidak ada korupsi dalam proses pengadaannya.

Direktur Advokasi Daerah pada LKPP Jateng Iwan Hermawan menyampaikan, Pasal 65 Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 dijelaskan bahwa setiap kelompok/lembaga maupun perangkat daerah wajib menggunakan produk usaha kecil serta koperasi dari hasil produksi dalam negeri, wajib mengalokasikan 40 persen dari anggaran belanja serta memperluas peran serta usaha kecil dan koperasi dengan mencantumkan barang/jasa produksinya dalam katalog elektronik.

 “Ini merupakan bentuk bela Negara dimana ruang strategis di area publik dan pusat perdagangan milik swasta baik pusat perbelanjaan maupun platform digital untuk diberikan kepada UKM”,ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa program bela Negara merupakan program untuk mendukung program UMK Go Digital melalui proses belanja langsung yang bernilai paling tinggi lima puluh juta rupiah kepada UMK yang tergabung dalam market place. “PPMSE atau market place adalah pelaku usaha penyedia sarana komunikasi elektronik yang digunakan untuk transaksi perdagangan”.
Sementara merchant merupakan kelompok atau individu penjual barang/jasa yang memiliki bentuk usaha toko fisik maupun online. “Pelaku UKM yang ingin memperluas jangkauan pemasaran produk melalui program bela Negara dapat bergabung sebagai merchant dengan mendaftarkan usahanya ke market place atau PPMSE yang telah bekerjasama dengan program bela Negara, seperti grab, shopee, tokopedia, bukalapak dan blibli.com, “pungkasnya.

Turut mengikuti kegiatan tersebut, Wakil Bupati Demak Joko Sutanto, Kabag Pengadaan Barang/Jasa Setda Demak Wahyu Aji, Inspektorat Kabupaten dan para pejabat struktural BPKPAD.

Tags ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 630
Kunjungan Bulan Ini : 19135
Kunjungan Tahun Ini : 100529

Ikuti Kami