Meminimalisir Resiko Bencana, Masyarakat Diharapkan Berpartisiapasi Melalui Sibat

Demak – Siaga Bencana Berbasis Mayarakat (Sibat) merupakan relawan yang di bentuk Palang Merah Indonesia yang bertujuan untuk membangun ketangguhan berbasis ekosistem dan investasi. Untuk di Kabupaten Demak peran sibat bergerak di mangrove, karena masalah di Demak sendiri terkait abrasi tambak yang berdampak pada penurunan produktivitas lahan dan penurunan pendapatan sehingga menyebabkan kesejahteraan ekonomi masyarakat menurun.

“Melalui sibat kami mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta menyukseskan penanaman mangrove ini. Awalnya memang sulit, namun kita secara perlahan-lahan memberikan edukasi kepada mereka (masyarakat) bahwa mangrove memiliki banyak manfaat”, Kata Koordinator Sibat PMI Kabupaten Demak, Ahmad Rois saat menjadi narasumber podcast Radio Suara Kota Wali (RSKW) 104.8 FM yang bertemakan Sibat Untuk Kemanusiaan. Acara yang dipandu oleh Sekda Demak Singgih Setyono yang menjadi host kehormatan RSKW Demak, Senin (19/4/21).

Manfaat yang didapatkan dari penanaman mangrove bukan hanya untuk menangani resiko bencana seperti masalah abrasi tapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan ekonomi kreatif seperti  pengolahan buah mangrove  dan wisata mangrove.

“Jadi peningkatan ekonom dapat juga dirasakan masyarakat ”, ujarnya.

Disampaikan, saat ini terdapat 3 Desa di wilayah Kecamatan Wedung yang dijadikan pilot project program sibat meliputi Desa Berahan, Desa Kedungmutih dan Desa Babalan.

Ditambahkan Rois, Sibad di bentuk dari desa dan untuk desa, terutama untuk pengurangan resiko bencana. Untuk itu pihaknya berharap kepada masyarakat ikut berpartisipasi menyukseskan program ini, sehingga dapat meminimalisir resiko bencana pada nantinya.(kominfo/ist/rd)

Tags inovasi ekonomi bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 20
Kunjungan Hari Ini : 1022
Kunjungan Bulan Ini : 15363
Kunjungan Tahun Ini : 161330

Ikuti Kami