Mengenal PSC 119 Demak, Layanan Tanggap Darurat

Demak- Selain RS dan Puskesmas, saat ini juga dibutuhkan unit baru yang berfungsi untuk melayani kegawat daruratan, khususnya kegawat daruratan pra Hospital atau Pra Rumah sakit, yang bernama Public Safety Center ( PSC ) 119.

PSC 119 Des merupakan sebuah layanan penanggulangan kegawat daruratan terpadu yang dapat digunakan masyarakat ketika keadaan kegawat daruratan seperti kecelakaan lalu lintas, ketersediaan darah maupun ketersediaan tempat tidur rawat inap di RS. Selain itu masyarakat juga dapat mengetahui lokasi ambulance terdekat, dengan mengakses  melalui aplikasi PSC 119 yang dapat diunduh di playstore melalui android. 

Huda, perawat Dinkes menyampaikan, PSC 119 terbentuk sesuai dengan instruksi presiden nomor 4 tahun 2013 tentang program decade aksi keselamatan di jalan . Disitu disebutkan, bahwa setiap kabupaten/ kota harus membentuk Public Safety Center ( PSC ) yaitu pusat layanan keselamatan pada kesehatan karena Tingginya angka kasus kecelakaan lalu lintas dan penyakit emergensi.

“ Setelahnya diharapkan masyarakat akan dapat terselamatkan dengan adanya PSC. Dulu ketika mau ke RS mungkin harus pinjam mobil, atau ketika terjadi kecelakaan di jalan, korban terbengkalai karena takut untuk menolong sekarang kita bisa memanfaatkan ambulance transport dari PSC,” tambahnya,  dalam Talkshow di RSKW Kamis, 22/08/2024.

Sementara itu Driver PSC 119 Demak, Fajar Nur wahid menjelaskan, jika menemui kejadian kecelakaan, ataupun warga yang sakit dirumah dan harus segera di rujuk ke Rumah sakit bisa menggunakan Aplikasi DES PSC 119 melalui HP dan bisa menghubungi call center DES PSC 119. Kemudian petugas Call center akan melakukan konfirmasi yang masuk dan melakukan validasi panggilan yang masuk,  setelah itu petugas call center akan menyiapkan Petugas, menyiapkan Alat dan Ambulance kemudian Tim DES PSC akan segera meluncur ke lokasi kejadian. 

“ Ketika terjadi peristiwa kegawat darutan, Masyarakat dapat mengakses layanan PSC melalui playtsore maupun nomor WA di 081210016119 yang selalu siap 24 jam dan dengan respon yang cepat. Dengan adanya PSC masyarakat tentu akan sangat terbantu karena tanpa biaya sama sekali, “ Pungkas Fajar. (Komf/nin

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 12
Kunjungan Hari Ini : 297
Kunjungan Bulan Ini : 297
Kunjungan Tahun Ini : 218998

Ikuti Kami