Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata dan Homestay Bagi Pengelola Wisata Desa

Demak - Sebagai upaya mendukung perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Demak, Dinas Pariwisata Kabupaten Demak menyelenggaran Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata dan Homestay bertempat di Hotel Amantis dari tanggal 21- 24 Oktober 2022 .

Dalam laporannya Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahyarini menyampaikan, bahwa peserta berjumlah 40 orang untuk masing- masing pelatihan yang berasal dari pengelola Desa Wisata dan pengelola Destinasi wisata di Kabupaten Demak. 

"Kegiatan yang dibiayai dari DAK Khusus Non Fisik ini terbagi dalam 5 kegiatan pelatihan dengan peserta masing - masing 40 orang yang dilaksanakan di Hotel Amantis. Adapun kegiatannya meliputi Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Destinasi Wisata dilaksanakan, kemudian Pelatihan Pengelolaan Homestay atau Pondok Wisata di Destinasi wisata. Sementara untuk Pelatihan Pengelolaan Toilet di Destinasi Wisata tanggal 25 sampai dengan 27 Oktober." Jelas Endah, Jum'at, (21/10/22). 

Selanjutnya pada kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 6 November 2022, kegiatan Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian dan Pelatihan Digitalisasi, Branding Pemasaran dan Penjualan pada Desa Wisata, Homestay dan Kuliner souvernir, dan Fotografi. 

Bupati Demak Eisti'anah yang hadir dan membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya menyampaikan, guna mendukung perkembangan pariwisata agar dapat bersaing dengan daerah lain maka dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten. 

"Untuk itu perlu dilakukan upaya mewujudkannya, salah satunya yaitu melalui pelatihan. Saya sangat apresiatif dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan khususnya bagi para pengelola desa wisata dan usaha homestay atau penginapan." kata Eisti. 

Ini sangat penting, lanjutnya, sebagai bekal bagi calon maupun yang sudah lama mengelola, terutama di area destinasi atau desa wisata di Kabupaten Demak untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi agar lebih profesional dan berkualitas dalam mengelola dan memberikan pelayanan kepada wisatawan.

Bupati berharap, pengelola desa wisata maupun pengelola homestay dapat terus berinovasi mengembangkan usaha serta mampu memberikan kesan yang baik bagi wisatawan, sehingga dapat merasa nyaman, betah, dan berniat untuk berkunjung lagi.

"Saya himbau kepada para pelaku usaha untuk menjalin kemitraan antar pelaku usaha, wujudkan pariwisata Demak Kota Wali lebih maju, lebih dikenal wisatawan, baik dalam maupun luar negeri." Pungkasnya. (Kominfo/Apj/Ist-Rd).

Tags wisata inovasi motivasi-dan-semangat demak wisata

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 16
Kunjungan Hari Ini : 486
Kunjungan Bulan Ini : 16731
Kunjungan Tahun Ini : 75533

Ikuti Kami