Pemkab Demak Gelar Upacara Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah Bersamaan

Demak - Pemkab Demak melaksanakan upacara Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) bersamaan Hari Otonomi Daerah ke 27 bertempat di Halaman Setda Kabupaten Demak, Selasa, (2/5/23). Upacara dihadiri oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) , ASN, TNI, POLRI, SATPOL PP. 

Seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat Demak. Bagi peserta upacara pria mengenakan pakaian warna hitam dan berpeci, sedangkan peserta upacara wanita berkebaya dan berkerudung. 

Dalam amanatnya bupati Demak Eisti'anah menyampaikan Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

"Saya ucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional khususnya kepada segenap insan pendidikan di Kabupaten Demak. Mari kita jadikan momen ini untuk Bangkit Bersama Semarakkan Merdeka Belajar. Merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. Mari bergerak bersama meningkatkan semangat belajar yang mandiri dan merdeka," kata Eisti. 

Lanjutnya, "Berikan kebebasan anak-anak kita untuk menggali dan mengeksplorasi minat dan bakat mereka tanpa adanya tekanan, namun, tetap dilandasi dengan rasa tanggung jawab, yaitu sadar akan hak dan kewajiban mereka dalam proses belajar mengajar. Ini merupakan wujud dan upaya kita semua untuk semakin dekat dengan dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan masyarakat,"

Pada kesempatan tersebut Eisti juga menyampaikan, Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar, mengandung makna bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama semua pihak, tidak hanya guru dan siswa, tetapi juga orang tua, pemerintah, dan masyarakat secara keseluruhan.

Terkait peringatan Hari Otonomi Daerah ke - 27 menyampaikan

setelah 27 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif. Dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga kemampuan fiskal daerah. 

"Saya kembali mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Demak, terutama aparatur pemerintahan untuk bersama-sama memupuk semangat kerja, motivasi, dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan penyelenggaraan otonomi daerah yang berkualitas serta mewujudkan Clean and Good Governance," (Kominfo/Apj- rd)

Tags pendidikan sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak nasional

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 14
Kunjungan Hari Ini : 433
Kunjungan Bulan Ini : 22207
Kunjungan Tahun Ini : 168174

Ikuti Kami