Penilaian Interview Evaluasi SPBE Oleh KemenPANRB, Kabupaten Demak Tergolong Baik

Demak- pemerintah Kabupaten Demak mengikuti pelaksanaan penilaian interview evaluasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang dilakukan oleh KemenPANRB Tahun 2024 melalui virtual  di gedung grhadika Binapraja, Jum'at (9/10/2024).

 

Hadir dalam penilaian tersebut  Sekda Demak Akhmad Sugiharto, Plt Dinkominfo Umar Surya Suksmana, Seluruh tim pengampu SPBE , meliputi  Dinkominfo, Dinkes, Bagian Organisasi Setda, DMPMTSP,  BKPP, BPKPAD, Dinperpusar, Inspektorat. Bagian Hukum, Bagian PBJ Setda, Dinparta, Bagian Pemerintahan Setda dan Dindukcapil.

 

Sebelumnya Akhmad Sugiharto pada kesempatan tersebut meminta  agar tegas dan lugas dalam menjawab pertanyaaan dari asesor. Dirinya juga optimis jika Demak akan memperoleh hasil yang memuaskan.

 

Penilaian dilakukan secara virtual dengan sistem tanya jawab terhadap 47 indikator yang meliputi beberapa aspek, diantaranya kebijakan SPBE, tata kelola SPBE, management SPBE dan layanan SPBE. Yang kesemuanya harus menyertakan data dukung disetiap indikatornya.  Tim penilai mapupun Asesor dari akademisi Universitas Trunojoyo Madura, Mohammad syarief dan Akademisi dari Unair Faisal Fahmi.

 

Pada kesempatan tersebut Mohammad syarief   menyampaikan, Kabupaten Demak tergolong baik,  karena hanya beberapa indikator yang membutuhkan  revisi. Dan Demak diharapkan mampu menjadi contoh bagi Kabupaten lain, dengan perolehan hasil sementara total indeks  kabupaten Demak sampai saai ini  4,18. 

 

“ Dengan hasil tersebut,  saya berharap Kabupaten Demak bisa menjadi contoh. Yang jelas dari yang saya cek, yang paling sedikit revisinya adalah Kabupaten Demak, banyak yang sudah sesuai, hanya ada beberapa indikator saja yang belum Memenuhi level penilaian yang di tetapkan oleh tim penilai," ungkap Syarief.

 

Sebagai informasi,  pada penilaian SPBE tahun 2023  diperoleh nilai indeks SPBE 3,62, nilai indeks layanan SPBE 4,14, dan indeks tata kelola SPBE 3,25 dan  capaian  tersebut menjadi acuan target di tahun ini.

 

Sementara itu plt Dinkominfo Umar Surya Suksmana menyampaikan rasa syukur atas capaian nilai  sementara yang diperoleh . Selanjutnya untuk pemenuhanan data dukung hasil review SPBE akan dipenuhi oleh Tim Pengampu SPBE Kabupaten Demak pada pekan depan.

 

“ Alhamdulillah yang kemaren (Tahun 2023) kami dapatkan 3,62. Ini baru mulai saja kami sudah mencapai 4.18. Untuk penyesuaian ini, dalam lima hari akan kami lengkapi, sehingga Demak diharapkan mendapatkan nilai yang optimal,” pungkas Umar. (Komf/nin)

Tags layana-publik motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 14
Kunjungan Hari Ini : 31
Kunjungan Bulan Ini : 25436
Kunjungan Tahun Ini : 290920

Ikuti Kami