Petani Tembakau Keluhkan Ketidak Stabilan Harga

Demak - Ketua Asosiasi Petani Tembakau, Imam Ghozali menyampaikan, para petani tembakau mengeluhkan terkait harga tembakau  yang tidak stabil beberapa tahun terakhir akibat musim tak menentu dan adanya kompetitor. 

“Sudah beberapa tahun akibat musim yang tidak mendukung dan ketika panen raya kita mendapat saingan dengan tembakau yang sudah dikemas dari luar negeri. Itu akan berpengaruh di petani kita,”kata Imam saat ditemui seusai acara talkshow Radio Suara Kota Wali (RSKW) 104.8 FM, Kamis (04/11/21) di Ruang Command Center.

Imam mengatakan, pihaknya bersama Asosiasi Petani Tembakau di Jawa Tengah sudah melakukan koordinasi dengan Istana Negara terkait harga tembakau. “Kami sudah diberikan janji-janji namun realisasinya belum ada.”

Saat ini petani dalam keadaan dilematis dengan harga tembakau. “Di satu sisi menjadi petani tembakau adalah mata pencaharian mereka. Ini budaya bagi kita walaupun tertatih-tatih kita tetap menanam.”

Dirinya juga menyebutkan, total anggota Asosiasi Petani Tambakau di Demak ada 16.000 orang dari 3 Kecamatan penghasil tembakau yakni Guntur, Karangawen dan Mranggen.

“Semoga harapan dari para petani tembakau untuk melakukan koordinasi secara tatap muka dengan Bea Cukai dapat terlaksana. Mungkin permintaan lain seperti pupuk tembakau diperbanyak, supaya tembakau yang khususnya di Jawa Tengah mutunya bisa terjaga, jangan sampai salah satu Saprodi (sarana produksi pertanian) nya terkendala,”pungkasnya. (kominfo/ist/put)

Tags ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 149
Kunjungan Bulan Ini : 3431
Kunjungan Tahun Ini : 84825

Ikuti Kami