Plh Bupati Demak Joko Sutanto Luncurkan SEDEB, Dengan Data Kita Akan Menguasai Dunia

Demak – Untuk mendukung keberhasilan Program Smart City, Pemerintah kabupaten Demak melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak melaksanakan peluncuran Super Eksekutif Demak Database (SEDEB), Selasa (9/2/21) di Gedung Gradika Bina Praja. SEDEB merupakan sistem berbasis excel yang digunakan lembaga eksekutif daerah untuk mengambil keputusan dan kebijakan sebagai Executive Information System (EIS) dan Decision Support System (DDS). 

Kepala Dinas Kominfo Endah Cahyarini menyampaikan, SEDEB memiliki 9 cluster meliputi Ekonomi Makro, Keuangan Daerah, Kesejahteraan, Kesehatan, Ekonomi Wilayah, Pendidikan, Perumahan, Infrastruktur serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Pada 9 cluster terdapat 16 dashboard dan  setiap dashboard dilengkapi sistem filter dimana kita dapat memilih variable seperti yang kita inginkan”, kata Endah.

“Contohnya pada cluster Kesejahteraan terdapat beberapa kolom informasi seperti jumlah penduduk terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), jumlah penduduk berdasarkan usia dan gender, kartu keluarga sejahtera, kelompok usaha bersama, Bantuan Siswa Miskin Daerah (Basimda), Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)”, ungkapnya.

Lebih lanjut Endah menjelaskan, dalam informasi kesejahteraan menggunakan data gabungan dari beberapa OPD seperti Dinsos P2PA, Dinkes,  Dingdakop UKM dan Dinperkim. Pada dasbord tersebut bukan hanya angka global yang didapatkan tetapi juga detail informasi hingga by name by address dapat terlihat. 

Endah menambahkan, Para Pimpinan Daerah atau Pimpinan OPD dapat melihat tampilan data SEDEB di Command Center. “Informasi ini sifatnya lebih privat tidak seperti open data. Yang berhak mengakses data tersebut yakni Kepala OPD dan Pimpinan Daerah”.

Apresiasi disampaikan Sekda Demak Singgih Setyono kepada Dinas Kominfo atas inovasi yang dilakukan, sebab melalui SEDEB data dan informasi dapat diperoleh dengan cepat, mudah dan akurat.  

“Dengan demikian jika data dan informasi, tepat, akurat dan cermat maka keputusan-keputusan dan kebijakan yang dibuat Insya Allah akan baik. Itulah awal Demak melompat lebih tinggi. Demak lebih baik dan lebih sejartera untuk kita semua”, ujarnya.

Sementara Plh Bupati Demak Joko Sutanto mengajak kepada seluruh OPD dan instansi terkait untuk sadar data,”Ayo kita sadar data karena dengan data kita akan menguasai dunia”, pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Plh Bupati Demak Joko Sutanto, Sekda Demak Singgih Setyono, Para Asisten Sekda, Kepala OPD, Kepala Bagian Sekda, dan Camat. Sedangkan mengikuti secara daring melalui zoom meeting yakni Sekretaris, Kasubag Program dan Admin PPID.(kominfo/ist)

Tags layana-publik teknologi

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 126
Kunjungan Bulan Ini : 18654
Kunjungan Tahun Ini : 77456

Ikuti Kami