Polres Demak Tingkatkan Kesiapan Jelang Pemilu 2024 dengan Apel Pengamanan TPS

Demak - Dalam rangka menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Demak telah menggelar apel kesiapan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai bagian dari Operasi Mantab Brata Candi Tahun 2023-2024. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Mapolres Demak. Jum'at,(09/02/2024). Dengan dihadiri oleh 902 personel yang akan bertugas mengawal pelaksanaan pemilu di Kabupaten Demak.

AKBP Muhammad Purbaya, Kapolres Demak, menyatakan bahwa apel tersebut bertujuan untuk menguji seberapa jauh kesiapsiagaan personel dan peralatan pendukung dalam menghadapi puncak tahapan Pemilu 2024, yaitu proses pemungutan dan penghitungan suara. 

Purbaya menekankan bahwa, "kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian tahapan Operasi Mantap Brata 2023/2024 yang mencakup dari pendaftaran, kampanye, hingga pengucapan sumpah janji Presiden dan Wakil Presiden," kata Kapolres.

Mengingat kondisi geografis Kabupaten Demak dan perubahan iklim yang tidak menentu, termasuk terjadinya bencana banjir di beberapa wilayah, Purbaya mengakui bahwa situasi tersebut memerlukan strategi pengamanan yang adaptif dan kerja keras dari semua pihak terkait.

"Selain itu, apel juga disertai dengan simulasi pengamanan pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, termasuk pengenalan pola '2.16.32' yang akan diterapkan dalam pengamanan TPS. Pola ini melibatkan dua petugas Polri untuk mengamankan 16 TPS, dibantu oleh 32 petugas pengamanan langsung dan tidak langsung dari KPU dan Satpol PP," jelasnya.

Lanjutnya, "Sebanyak 550 personel akan ditempatkan langsung di TPS, sementara sisanya akan mendukung pengamanan di tingkat Kelurahan dan Desa melalui Polsek jajaran. Simulasi tersebut dirancang untuk menghadapi potensi hambatan dan gangguan dari pemilih, sehingga diharapkan semua personel terlibat dapat menjaga keamanan dan mengetahui tugasnya masing-masing," ungkap Purbaya 

Dengan dilaksanakannya apel kesiapan dan simulasi pengamanan ini, Polres Demak berharap semua tahapan pemungutan suara dapat berlangsung dengan aman, tertib, lancar, dan kondusif.

"Kami menegaskan bahwa kesiapan Polres dalam melaksanakan pengamanan Pemilu 2024, dengan fokus pada pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya dalam menghadapi potensi gangguan selama proses pemungutan suara," pungkasnya. (Kominfo/Apj).

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 10
Kunjungan Hari Ini : 1512
Kunjungan Bulan Ini : 17288
Kunjungan Tahun Ini : 163255

Ikuti Kami