Program Bank Sampah Warga RSS Mangunjiwan Demak

Demak - Warga Griya Bhakti Praja RT 06/RW 07 Mangunjiwan Kabupaten Demak melaksanakan kegiatann bank sampah yang dipusatkan di gedung pertemuan warga setempat. Minggu, (21/5/23).

Ketua Bank Sampah RT 06/RW 07 Mangunjiwan Demak Kurnia Zauharoh menjelaskan bahwa kegiatan bank sampah ini dilaksanakan selama dua bulan sekali. 

"Kegiatan bank sampah warga rss ini dilakukan selama dua bulan sekali. Jadi memang warga kami ini sudah rutin melaksanakan giat bank sampah ini," Kata Nia. 

Nia menjelaskan bahwa warga mengumpulkan sampah sudah dalam keadaan terpilih seperti plastik, kardus, botol kaleng, minyak jelantah dan lainnya. 

"Jadi memang warga kami ini sudah di himbau untuk memilah milah sampahnya sendiri di rumah masing - masing. Sehingga ketika ada kegiatan bank sampah warga kami sudah langsung membawa sampah - sampah itu ke titik pertemuan gedung rapat. Disana nanti kita menimbang bersama pembeli rosoknya dan dicatat juga perolehan setiap masing - masing keluarga," Jelasnya. 

Ketua bank sampah warga RT 06 / RW 07 Mangunjiwan Demak berharap agar masyarakat dilingkungan lebih bijak dalam mengelola sampah. 

"Sampahmu tanggung jawabmu. Sehingga harapan saya dengan ada kegiatan rutin ini warga masyarakat semangat untuk memilah milah sampahnya dan dapat di kumpulkan ketika kegiatan bank sampah. Dari bank sampah inilah kita juga bisa mendapatkan penghasilan, dan hasil itu nantinya di kumpulkan untuk kas warga kami," terangnya 

Sementara salah satu warga RT 06/RW 07 Mangunjiwan Demak Ibu Riza menyampaikan, "Dari sampah yang sudah tidak ada nilainya ternyata masih bisa bernilai menjadi rupiah. Mari kita pilah sampah mulai dari diri sendiri. Kurangi penggunaan sampah plastik agar lingkungan kita terjaga kebersiihannya, letakkan sampah pada tempatnya," Kata Bu Riza. 

Budayakan memimalah sampah mulai dari tingkat rumah tangga. Sampah organik seperti sisa makanan bila dikelola bisa menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman. (Kominfo/Apj).

Tags seni-dan-budaya sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 543
Kunjungan Bulan Ini : 25232
Kunjungan Tahun Ini : 56535

Ikuti Kami