Stand UMKM Disabilitas Semarakkan Demak Expo 2024

Demak – Demak Expo tahun 2024 diselenggarakan selama 4 hari mulai tanggal 31 Juli sampai dengan 3 Agustus 2024. Berlokasi di halaman Sport Center , yang diikuti sebanyak 112 stand yang meliputi OPD, BUMN, BUMD, Koperasi, Desa Wisata dan UMKM.

Namun ada salah satu stand yang menarik perhatian publik atau pengunjung dalam Expo tersebut, yakni adanya stand UMKM Disabilitas. 

Anggota UMKM Disabilitas, Sugeng Widodo menyampaikan, produk yang dibuat berupa miniatur mainan berbahan baku dari kayu. Seperti motor, mobil, kapal dalam botol, helikopter, kereta api, asbak dan patung kayu.

”Produk tersebut buatan sendiri, milik perseorangan namun tergabung dalam kelompok UMKM disabilitas yang saat ini anggotanya ada 20 pengrajin. Rumah produksi berada di Desa Ngemplak Kecamatan Mranggen,” kata Sugeng saat di temui di lokasi stand, Rabu (31/07/24).

Adapun harga produk yang dipasarkan di Demak Expo berkisar antara 16 ribu hingga 27 ribu rupiah. Seperti miniatur mobil dipatok harga 16 ribu rupiah, kapal dalam botol 20 ribu rupiah, helikopter 20 ribu rupiah dan kereta api 27 ribu rupiah.

Untuk pemasaran, Sugeng menjelaskan, produknya telah didistribukan di berbagai wilayah dari lokal hingga mancanegara yakni Kudus, Demak, Semarang dan Eropa.

”Untuk patung kayu ini kami ekspor ke Eropa, untuk konsumsi luar negeri. Untuk negara-negara mayoritas nasrani,”jelasnya.

Tambah Sugeng, kendala yang dihadapi para pengrajin adalah peralatan yang belum lengkap.

”Untuk patung kayu ini dibuat secara manual, karena kami belum memiliki alat yang memadai,”ungkapnya.

Sementara, saat ditanyai omset penjualan, Sugeng tidak menyebutkan omset yang diperoleh setiap bulannya.

”Ini kami jual secara grosir, untuk omset saat Covid-19 tentunya turun drastis,”pungkasnya.(Kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 23
Kunjungan Hari Ini : 876
Kunjungan Bulan Ini : 30838
Kunjungan Tahun Ini : 176805

Ikuti Kami