Syawalan Morodemak Tetap Di Gelar, Hindari Rob Jika Berkunjung

Demak - Tradisi syawalan Di kabupaten Demak sudah tidak asing lagi, sebab setiap tahunya tradisi sedekah laut ini dilaksanakan pada tanggal 7 syawal atau bodo kupat (lebaran kupat). Pantai Morodemak yang ada di Kecamatan Bonang tahun ini kembali menggelar tradisi sedekah laut. Warga desa Purworejo telah menyiapkan hiburan musik dangdut dan Wayang untuk menyemarakan pesta sedekah laut ini. 

"Untuk Syawalan tahun ini nanti akan ada hiburan Dangdut dan Wayangan. Sementara untuk titik lokasinya nanti kami di TPI (Tempat Pelelangan Ikan), dari TPI nanti kami naik kapal langsung ke tengah laut untuk prosesi pelarungan"

 "Nah untuk yang di larung ini bagian dari tumpeng, kemudian yang di kapal juga ada tumpengan, setelah do'a, tahlil dan sambutan - sambutan kemudian makan bersama " Kata Rifqi Fajrul Fariz Plt Sekcam Bonang saat di temui di RSKW 104.8 FM, Kamis, (27/4/23). 

Dirinya menjelaskan bahwa pelarungan kepala kerbau sudah tidak dilakukan. Sebab masih menjadi pembahasan para tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

"Untuk larungan kepala kerbau beberapa tahun akhir - akhir ini tidak ada. Namun untuk tahun ini masih menjadi pembahasan panitia sama tokoh agama masyarakat setempat, rencana mau ada cuman ini masih di finalkan sehingga belum pasti," tambahnya. 

Hindari Rob

Mengingat jalur menuju pantai Morodemak sering tenggelam akibat banjir rob, para pengunjung syawalan di himbau untuk datang lebih awal untuk menghindari datangnya air pasang tersebut . 

"Untuk Rob kalau di jalan utama tingginya air mulai jam 2 siang dan jam 7 malam baru mulai surut. Dengan ketinggian rob 0,8 hingga 1 meteran dari jalan yang rendah . Tapi kalau enaknya sih bisa pakai motor, karena bisa melewati jalan yang di Margolinduk nanti menyebrang menggunakan perahu tambangan nanti sampai di dekat balai desa Purworejo kemudian nanti menuju ke TPI," Jelasnya. 

Ditambahkan Rizki, Adapun untuk panitia yang terlibat dalam kegiatan Syawalan pesta sedekah laut ini diantaranya dari Paguyuban Nelayan Margomoro. Gabungan dari tiga desa, yakni Margolinduk, Purworejo, dan Moro Demak. (Kominfo/rd-Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat wisata-religi ekonomi pertanian-dan-per

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 741
Kunjungan Bulan Ini : 1451
Kunjungan Tahun Ini : 82845

Ikuti Kami