Tiga Unsur Penting Pendukung Wisata Daerah

Demak - Retno Susanti, dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang saat kegiatan Sarasehan Stakeholder Pariwisata menyampaikan dalam sektor Pariwisata ada tiga hal yang menjadi kebutuhan wisatawan sekaligus menjadi unsur konsep Pariwisata.

"Ada tiga unsur yang menjadi kebutuhan wisatawan yakni something to see yakni obyek apa yang akan kita lihat, lalu something to do mengenai apa yang kita lakukan, dan something to buy dimana unsur ke tiga tersebut multiplier effectnya luar biasa," Kata Retno. 

Hal tersebut di sampaikan oleh Retno Susanti, pada acara Sarasehan Stakeholder Pariwisata yang bertemakan "Penataan Kawasan Wisata Segitiga Emas" bertempat di Gedung Grhadika Bina Praja. Rabu, (15/11/2023). 

Ditambahkan Retno, untuk tantangan pengembangan wisata di Demak antara lain, bagaimana memperpanjang wisatawan untuk tinggal, kemudian sistem keamanannya, kemudian kesesuaian kebutuhan segmentasi wisatawan, kesiapan stakeholder terkait, terutama pelaku wisatawan dan masyarakat.

"Ini merupakan tantangan bagi Dinas Pariwisata, terutama bagi Kepala Dinas Pariwisata, bagaimana agar Demak itu bisa menarik, wisatawannya bertahan, dan mampu membeli oleh - oleh yang mereka kenang," tambah Retno

Selanjutnya, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini menyampaikan komitmennya bahwa akan terus berusaha berbenah, bersinergi bersama dengan stakeholder terkait. 

"Dinas pariwisata berupaya berbenah, maka kami minta sinergitas dan kolaborasi dengan OPD yang lain," Kata Endah. (Kominfo/Apj).

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 9
Kunjungan Hari Ini : 862
Kunjungan Bulan Ini : 3022
Kunjungan Tahun Ini : 180249

Ikuti Kami