Tradisi Syawalan Kedua Kalinya Di Tiadakan

Demak – Tradisi syawalan yang diselenggarakan H plus 7 setelah Hari Raya Idul Fitri yang biasanya dilaksanakan oleh masyarakat Kecamatan Bonang dan Kecamatan Wedung pada tahun ini di tiadakan kedua kalinya di tengah pandemi Covid-19. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya cluster Covid-19 pada pesta sedekah laut, mengingat syawalan selalu di hadiri ribuan orang untuk melakukan wisata di pantai. 

Larangan untuk dilakukannya pesta sedekah laut telah disosialisasikan oleh Dinas Pariwisata melalui media sosial, spanduk dan banner website, agar dapat diketahui oleh masyarakat Kabupaten Demak khususnya dan masyarakat Kabupaten Demak pada umumnya. 

Kepala Dinas Pariwisata Agus Kriyanto menyampaikan, penutupan lokasi sedekah laut dan syawalan sudah disepakati oleh Gugus Tugas Covid-19 yakni Forkopimda. "Hingga sekarang belum ada perintah dari Forkopimda untuk membuka destinasi wisata atau lokasi syawalan. Sehingga sampai dengan sekarang kami masih menutup objek wisata di Demak tapi akan kami lakukan evaluasi terus, seandainya di mungkinkan bisa sewaktu-waktu akan di buka. Jadi evaluasi hingga saat ini memang belum di perkenankan membuka destinasi wisata”, kata Agus saat ditemui di kantornya, Selasa (18/05/21).

“Kami harapkan kita bersama-sama masyarakat, pemerintah dan semua stakeholder, mematuhi aturan yang ada sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19”, tuturnya. 

Lebih lanjut, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk bersabar, destinasi wisata sementara akan dikondisikan dalam keadaan bersih serta penerapan protokol kesehatan yang lebih baik. 

Agus menambahkan hasil dari evaluasi, selama penutupan yang dilakukan dari tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021 sudah mengalami penurunan secara signifikan. “Meskipun terdapat beberapa wisatawan yang terlanjur sampai ke lokasi, namun kita sudah siapkan petugas dalam rangka pengawasan dan mensosialisasikan terkait penutupan tersebut  karena keadaan kondisi covid-19 hingga saat ini masih belum baik”,pungkasnya.(kominfo/ist/rd)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak wisata kesehatan hiburan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 4
Kunjungan Hari Ini : 18
Kunjungan Bulan Ini : 24707
Kunjungan Tahun Ini : 56010

Ikuti Kami