Upacara Hari Pahlawan, Kenang Jasa Pahlawan

DEMAK - Bupati Demak Eisti'anah bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan Nasional 2022. Upacara peringatan yang bertemakan ' Pahlawanku Teladanku'  digelar di alun - alun Simpang Enam Demak di hadiri unsur Forkopimda, pimpinan perangkat daerah, dan bumd. Peserta upacara  meliputi TNI, Polri, ASN dan  pasukan Pramuka serta OSIS, Kamis, (10/11/22). 

Setelah pengibaran bendera dalam upacara tersebut Inspektur Upacara menginstruksikan   mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan bangsa. 

Suasana terlihat hikmat saat dibunyikannya sirene selama 60 detik disertai bunyi bedug dan klakson mobil secara bersama. Ini dilakukan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara. Dengan tanda hening cipta tersebut seluruh aktifitas yang mendengar bunyi sirine menghentikan kegiatannya termasuk pengguna jalan. 

Dalam amanatnya Irup membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini yang menegaskan semangat perjuangan para pahlawan. 

"Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar- laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati!."

Dengan senjata, dengan pemikiran,dengan karya-karya nyata, para Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan Bangsa Pecundang.

"Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun Ancaman dan Tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal, dan dada menggelora." kata Eisti'anah. 

"Dari Aceh hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala. Masyarakat di mana pun berada menyuarakan gairah untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti yang luas. Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih ketrampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi."

Dalam kesempatan tersebut Bupati Eisti'anah juga mengajak untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. 

"Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah." Tegas Bupati. 

Dalam kesempatan yang sama juga di bacakan pesan perjuangan Pahlawan Nasional antara lain Ir. Soekarno, Nyi Ageng Serang. 

Kegiatan peringatan hari pahlawan selain upacara juga tabur bunga dan ziarah di makam pahlawan Cahya Ratna Bintarum. Dan dilanjutkan dengan pengajian Mudarosah Al-Qur'an dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun yang berlangsung di Musholla Al-Huda di lingkungan Setda Demak. (Kominfo/Rd-Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 762
Kunjungan Bulan Ini : 12840
Kunjungan Tahun Ini : 71642

Ikuti Kami