Menikmati Tradisi Syawalan Di Pulau Tirangan Wedung Demak

Demak – Pulau Tirangan ini merupakan tanah timbul akibat sedimentasi lumpur dalam waktu yang lama, Sehingga memanjang dan terlihat seperti sebuah pulau jika dilihat dari kejauhan atau dari atas.

 

Pulau ini jadi salah satu lokasi wisata Favorit untuk dikunjungi di bulan syawal. Maka saat tradisi Syawalan ramai dikunjungi warga yang sedang merayakan Syawalan adalah Pulau Tirangan yang terletak di laut sebelah Barat desa Babalan kecamatan Wedung. 

 

Pulau ini terbentuk sudah lama namun baru tereksplorasi oleh warga sekitar sepuluh tahunan. Dari bentuk fisiknya setiap tahun mengalami penambahan sehingga saat ini luasnya ada sepuluh kali lapangan bola. Apalagi jika kondisi laut surut pulau Tirangan ini terlihat cukup luas.

 

Struktur daratan yang berupa lumpur dan pasir ini tidak menyatu dengan daratan. Sehingga untuk menuju ke pulau ini pengunjung harus naik perahu. Ada dua jalan terdekat untuk menuju ke Pulau Tirangan ini. Dari desa Babalan dan juga dari desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak.  

 

Selain pengunjung berpesiar naik perahu berkeliling di tengah laut mereka tak lupa mampir ke Pulau Tirangan ini bersama keluarga. Sambil bermain bola maupun lari lari kecil dan kejar kejaran. 

 

Disini jelas menyuguhkan pemandangan yang indah yang tidak kalah dengan wisata pantai di kota lain. Pengunjung akan mendapatkan sensasi berperahu menuju pulau dan kondisi pulau yang airnya bersih serta pasirnya juga terlihat nyata. 

 

Warga sekitar, Nur Ahmad Said Nelayan Desa Kedung Mutih Wedung mengatakan , awal adanya pulau tirangan ini masih belum luas dan hanya terlihat ketika laut sedang surut. Namun saat ini kondisi pulau bertambah luas sehingga laut dalam kondisi pasang tinggi pun pulau Tirangan masih tampak dan bisa di singgahi. Sehingga waktu waktu tertentu banyak warga yang singgah menikmati pemandangan di pulau ini.

 

" Untuk ongkosnya ya naik perahu Rp 15 ribu PP untuk antar penumpang ke pulau Tirangan Babalan. Kalau pas tidak Syawalan ya harus carter perahu sendiri paling tidak ya Rp 150 ribu satu perahu bisa dinaiki hingga 20 orang “ tambah Said.

 

Melihat potensi yang bagus untuk pengembangan Pulau Tirangan sebagai obyek wisata perlu pengembangan sehingga semakin tertata dan menjadi destinasi wisata bahari yang dapat di unggulkan. (komf/ rd)

Tags demak wisata

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 49
Kunjungan Bulan Ini : 759
Kunjungan Tahun Ini : 82153

Ikuti Kami